Sukses

Film ‘Vina: Sebelum 7 Hari’ Resmi Tayang di Bioskop, Diadaptasi dari Kisah Nyata

Film "Vina: Sebelum 7 Hari" telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak Rabu (8/5/2024). Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada seorang perempuan bernama Vina.

Liputan6.com, Bandung - Film horor bertajuk “Vina: Sebelum 7 Hari” telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak Rabu (8/5/2024). Film ini diadaptasi dari kisah nyata dan menceritakan tentang korban kekerasan geng motor.

Mempunyai durasi tayang 1 jam 40 menit film ini hanya bisa disaksikan oleh penonton berusia 17 tahun ke atas. Diketahui terdapat adegan sadis yang tidak cocok untuk disaksikan oleh penonton berusia di bawah 17 tahun.

Film “Vina: Sebelum 7 Hari” digarap oleh sutradara kondang Anggy Umbara yang dikenal sebagai sutradara beberapa film horor seperti Munkar (2024), Siksa Neraka (2023), serta Khanzab (2023) dan naskah filmnya ditulis oleh Dirmawan Hatta dan Bounty Umbara.

Diketahui pembuatan film “Vina: Sebelum 7 Hari” mendapatkan dukungan dari keluarga Vina yaitu korban kekerasan geng motor di Cirebon yang menjadi latar cerita film ini. Pihak Produser dan CEO Dee Company Dheeraj Kalwani menuturkan ucapan terima kasih kepada pihak keluarga Vina karena mengizinkan kisahnya untuk diangkat menjadi sebuah film.

“Film ini dibuat atas restu keluarga, saya sangat berterima kasih atas kepercayaan keluarga Vina pada Dee Company,” kata Dheeraj Kalwani mengutip dari Antara.

Sang sutradara Anggy Umbara juga berharap film ini tidak hanya menjadi sebuah tontonan tetapi juga meminta para penonton untuk tetap memberi doa kepada almarhum Vina yang menjadi korban.

“Harapan kami, Vina akan lebih tenang karena setiap ada yang nonton, minimal sekali kirim Al-Fatihah. Makannya banyak-banyak nonton, kirim doa bareng-bareng untuk Vina,” kata Anggy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari

Melansir dari situs resmi CGV film Vina: Sebelum 7 Hari menceritakan tentang jenazah almarhumah Vina (Nayla Purnama) yang ditemukan meninggal dunia di flyover Cirebon. Saat itu almarhum Vina dianggap mengalami kecelakaan motor tunggal.

Namun nenek Vina (Lydia Kandou) merasa curiga dengan tubuh Vina yang mengalami remuk tidak wajar. Sayangnya kecurigaan sang nenek tidak memiliki cukup bukti untuk menolak berita acara.

Suatu ketika arwah Vina merasuki tubuh sahabatnya yang bernama Linda (Gisellma Firmansyah). Ia hanya memiliki waktu sebelum 7 hari usai kematiannya untuk mengungkap kebenaran menyakitkan yang terjadi kepadanya.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari

Melansir dari situs IMDb berikut ini daftar pemain film Vina: Sebelum 7 Hari:

1. Nayla D. Purnama sebagai Vina.

2. Lydia Kandou sebagai Nenek Vina.

3. Gisellma Firmansyah sebagai Linda.

4. Delia Husein sebagai Marlyna.

5. Yusuf Mahardika sebagai Zaki.

6. Pritt Timothy sebagai Kakek Vina.

7. Fahad Haydra sebagai Egy.

8. Septian Dwi Cahyo sebagai Bapak Vina.

9. Imran Ismail sebagai Dani.

10. Ridwan Kainan sebagai Hadi.

11. Khadijah Aruma sebagai Nurul.

12. Ozan Arkananta sebagai Deden,

13. Niniek Arum sebagai Hesti.

14. Cinta Dwi sebagai Ibu Linda.

15. Eduward Manalu sebagai AKBP Indra.

16. Firman Ferdiansyah sebagai Eka Sandi.

17. Arya Panji sebagai Suprianto.

18. Risma Nilawati sebagai Ibu Egy.

4 dari 4 halaman

Fakta Film Vina: Sebelum 7 Hari

Mengutip dari beberapa sumber berikut ini adalah beberapa fakta dari film Vina: Sebelum 7 Hari:

1. Diadaptasi dari kisah nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari diadaptasi dari kisah nyata peristiwa naas seorang perempuan bernama Vina. Awalnya mendiang Vina dan rekannya diduga meninggal dunia karena mengalami kecelakaan lalu lintas di wilayah Talun, Kabupaten Cirebon.

Namun ketika hendak dikuburkan pihak kepolisian memiliki asumsi lain atas kematiannya. Polisi menduga keduanya meninggal dunia karena pembunuhan dan pihaknya langsung mengusut kasus tersebut hingga ditemukan fakta bahwa korban benar merupakan korban pembunuhan oleh kelompok geng motor.

2. Diperankan artis populer Indonesia

Beberapa pemain film Vina: Sebelum 7 Hari diperankan oleh aktor dan artis populer Indonesia. Misalnya artis Nayla Denny Purnama yang dipercaya untuk memerankan karakter Vina.

Selain Nayla terdapat juga artis baru lainnya yang cukup populer seperti Yusuf Mahardika, Gisellma Firmansyah, dan lain-lain. Kemudian terdapat artis senior seperti Dwi Cahyo, Lydia Kandou, Pritt Timothy, hingga Niniek Arum.

3. Sempat menuai kontra di antara warganet

Sejumlah warganet sempat memberikan respon kontra terhadap proses produksi film ini karena dinilai bisa membangkitkan rasa trauma kepada keluarga korban. Kemudian dinilai mengeksploitasi kesedihan dari pihak keluarga demi tujuan komersial.

Namun pihak keluarga khususnya kakak Vina membantah tuduhan warganet karena pihak keluarganya telah setuju menjadikan kisah tragis adiknya sebagai film. Ia berharap banyak penonton yang memberikan banyak doa untuk almarhum adiknya tersebut.

Serta berharap tidak ada kejadian serupa yang menimpa orang lain seperti adiknya yang menjadi korban kejahatan kejam tersebut.

“Saya setuju untuk dijadikan film, lebih banyak doa untuk adik saya sendiri. Sama seperti Pak Dheeraj, jangan ada Vina-Vina yang lain. Cukup adik saya saja, dari cerita ada kemiripan cukup bagus juga, ya bagus lah,” kata Marliana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.