Sukses

4 Fakta Menarik Gelaran MET Gala 2024, Gunakan AI dan CGI untuk Tampilan Gaun Lawas

MET Gala hadir sebagai pesta pembukaan pameran mode yang berlangsung 10 Mei hingga 2 September 2024 di Museum of Art Costume Institute Gala.

Liputan6.com, Yogyakarta - Metropolitan Museum of Art Costume Institute Gala atau MET Gala berlangsung pada Senin malam (6/5/2024). Pameran Costume Institute 2024 di The Metropolitan Museum of Art.

Bertajuk "Sleeping Beauties: Reawakening Fashion," aturan berpakaian resminya adalah "The Garden of Time." Acara ini menampilkan banyak item langka, mencakup lebih dari 400 tahun sejarah mode.

Karya-karya yang dipamerkan mencakup desain Schiaparelli, Dior, Givenchy, dan masih banyak lagi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta-kata menarik MET Gala 2024.

1. Tema MET Gala 2024

MET Gala hadir sebagai pesta pembukaan pameran mode yang berlangsung 10 Mei hingga 2 September 2024 di Museum of Art Costume Institute Gala. Adapun tema yang diusung adalah The Garden of Time, yakni mengangkat keindahan koleksi busana lawas milik museum tersebut yang dikurasi oleh Andrew Bolton, kepala kurator The MET.

Beberapa busana yang sudah sangat tua tidak dapat dipamerkan secara fisik, seperti gaun pesta Charles Frederick Worth dari 1877. Sebagai pengganti, museum menggunakan teknologi AI dan memanfaatkan pencetak tiga dimensi untuk 'menghidupkan' kembali gaun tersebut.

2. Co-chairs MET Gala

Bergabung dengan Anna Wintour, Jennifer Lopez, Zendaya, Chris Hemsworth dan Bad Bunny menjadi Co-chairs MET Gala 2024. Sementara itu, desainer Jonathan Anderson dari Loewe, dan CEO TikTok Shou Zi Chew, bertindak sebagai pendamping terhormat.

Ragam bidang dari masing-masing individu merepresentasikan MET Gala itu sendiri sebagai pesta yang mempertemukan nama-nama besar dari industri musik, film, mode, dan media sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TikTok Menjadi Sponsor Utama

3. TikTok Menjadi Sponsor Utama

TikTok bersedia menjadi sponsor utama MET Gala 2024. Media sosial milik perusahaan China ByteDance ini menolak membeberkan kontribusi untuk MET Gala 2024.

Namun pada tahun-tahun sebelumnya, satu sponsor diketahui menyumbang sekitar US$ 5 juta. Sesuai misinya, MET Gala digelar untuk mencari dana demi membiayai pameran mode di The Met. 

4. Dress Code

Tidak seperti MET Gala tahun lalu yang merayakan hidup desainer kondang Karl Lagerfeld. MET Gala 2024 memberikan petunjuk melalui cerita pendek The Garden of Time (1962) karya JG Ballard.

Dikisahkan, pasangan bangsawan tinggal di kawasan bertembok dengan taman ajaib sementara gerombolan perambahan mengancam untuk mengakhiri keberadaan mereka. Demi menghindari keramaian, sang suami mencoba memutar balik waktu dengan mematahkan bunga demi bunga, hingga tidak ada lagi bunga yang tersisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini