Sukses

6 Tempat Hiking di Bandung yang Cocok untuk Healing Sambil Olahraga

Hiking sering menjadi opsi kegiatan berolahraga sambil menikmati alam sekitar yang indah. Berikut tempat hiking populer yang ada di Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Bandung merupakan salah satu kota yang dikelilingi dengan pegunungan dan lembah hijau yang cantik. Kota ini memiliki tempat wisata menarik terutama untuk para pecinta alam atau penggemar hiking.

Kota Bandung memiliki rute hiking yang menarik karena menyimpan pemandangan indah dengan udara yang segar. Beberapa tempat hiking yang ada di Bandung juga cocok untuk wisatawan yang masih pemula dalam melakukan hiking.

Pasalnya ada beberapa tempat yang memiliki jalur khusus dan tidak terlalu berbahaya. Melakukan hiking di Bandung juga terdiri dari perjalanan alam yang indah di setiap sudutnya dan terdapat spot menarik untuk menikmati pemandangan air terjun.

Rute hiking pemula yang ada di Bandung biasanya melalui hutan-hutan rimbun dengan jalan setapak yang berliku di antara tebing-tebing. Sebagai informasi kegiatan hiking dikenal sebagai kegiatan yang melibatkan berjalan di alam terbuka.

Hiking tidak hanya menjadi olahraga atau kegiatan rekreasi semata tetapi juga membantu seseorang untuk healing. Biasanya kegiatan healing untuk mendapatkan penyembuhan secara emosional bahkan spiritual pada diri seseorang.

Kemudian berjelajah ke alam terbuka bisa menjadi aktivitas menarik untuk healing karena menikmati pemandangan alam sekitar dengan udara yang segar disebut-sebut menenangkan. Suara aliran air hingga angin sepoi-sepoi bahkan bisa membuat pikiran menjadi tenang.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini rangkuman tempat hiking di Bandung yang cocok untuk healing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tempat Hiking di Bandung Cocok untuk Healing

1. Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan sebuah kawasan tebing yang ada di dalam kawasan Taman Hutan Ir. H. Djuanda. Tebing ini dikenal dengan pemandangan indah dan dikelilingi oleh hutan rimbun yang mempesona.

Selain memiliki spot foto Instagramable Tebing Keraton juga mempunyai jalur hiking yang cukup menantang dan seru. Selama perjalanan pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar dengan udara yang segar.

Lokasi Tebing Keraton berada di Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 05.00 hingga 16.00 WIB.

2. Wana Wisata Jayagiri

Wana Wisata Jayagiri merupakan kawasan hutan yang mempunyai pemandangan indah dan cocok untuk dikunjungi oleh pecinta alam. Kawasan ini juga menyediakan fasilitas untuk menikmati hiking di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Diketahui kawasan Wana Wisata Jayagiri mempunyai jalur hiking tersendiri dan lorong indah berupa lumut yang eksotis. Para pengunjung yang ingin melakukan hiking bisa membayar tarif tiket masuk sekitar Rp 5000 untuk pendakian pulang pergi.

Lokasi Wana Wisata Jayagiri berada di Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda atau dikenal dengan nama Tahura merupakan tempat wisata alam populer di Bandung. Tempat ini dikenal sebagai kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman dengan jenis Pinus.

Diketahui Taman Hutan Raya memiliki jalur hiking yang ramah untuk pemula dengan pemandangan alam yang hijau. Tempat ini juga berada di dekat kota sehingga mudah untuk diakses oleh para wisatawan dari luar kota.

Lokasi dari tempat ini berada di Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

4. Curug Cimahi

Curug Cimahi merupakan kawasan air terjun populer dan berada di ketinggian 1050 mdpl dengan suhu kawasan berkisar 18 hingga 22 derajat celcius. Air terjun ini juga masuk dalam salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya karena memiliki tinggi 87 m.

Para wisatawan juga menjalani aktivitas hiking menuju curug ini karena para pengunjung harus menuruni anak tangga lebih dari sekitar 500. Meskipun terasa melelahkan para pengunjung akan melihat pemandangan air terjun cantiknya.

Curug Cimahi berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang merupakan tempat wisata alam yang indah dan berada di dataran tinggi Jawa Barat. Bagi para pendaki pemula terdapat trek berupa tangga tertata dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai puncak.

Berada di ketinggian 1.587 mdpl para pengunjung akan melihat pemandangan alam yang indah dari atas. Bagi para wisatawan yang gemar berkemah tempat ini juga menyediakan kawasan kemah dan cocok untuk menikmati sunset atau sunrise.

Lokasi Gunung Putri berada di Jl. Gunung Putri No. 184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

6. Bukit Moko

Bukit Moko merupakan spot wisata populer yang sering dikunjungi oleh masyarakat Bandung sebagai tempat melihat city light di malam hari. Sekitar Bukitnya juga disuguhi hutan pinus cantik.

Diketahui bukit ini juga menyediakan jalur hiking yang ramah untuk pemula yang ingin mencapai puncak. Selain tempat menikmati alam Bukit Moko juga menyajikan area kemah untuk wisatawan yang ingin bermalam.

Lokasi Bukit Moko berada di Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.