Sukses

Peringati Hardiknas, PLN Icon Plus Bantu CCTV Hingga Mengajar di SMK-SMTI Makassar

PLN Icon Plus Regional Sulawesi dan IBT juga menggelar lomba menanam pohon bagi siswa SMK-SMTI Makassar

Liputan6.com, Makassar - PT PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) lewat ragam kegiatan di SMK-SMTI Makassar, Kamis (2/5/2024). Sedikitnya ada tiga kegiatan yang diselenggarakan dalam kunjungannya tersebut. 

Kegiatan itu di antaranya adalah memberikan bantuan CCTV dan router, penanaman pohon hingga mengajar teknologi informasi dan komunikasi alias TIK. Tak hanya di Makassar, kegiatan serupa juga digelar serentak di 10 SBU PLN Icon Plus se-Indonesia.

General Manager SBU Regional Sulawesi dan IBT, Rizky Ardiana Bayuwerti, menyampaikan pihaknya mengangkat tema 'Bergerak Bersama Menuju Anak Bangsa yang Digital' dalam memperingati Hardiknas. Tema ini selaras dengan visi dan misi dalam mewujudkan generasi muda yang melek teknologi dan siap menghadapi era digital.

"PLN Icon Plus, sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia, berkomitmen untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Kami ingin berperan aktif dalam mewujudkan anak bangsa yang digital melalui berbagai program dan kegiatan," kata Rizky dalam sambutannya sebagai pembina upacara Hardiknas di SMK-SMTI Makassar, Kamis (2/5/2024).

Rizky menyebut tiga kegiatan utama di momen Hardiknas yakni Iconnetivity for Indonesia, Iconnetivity for Education, dan Iconnetivity for Green. Untuk kegiatan pertama berupa pemberian bantuan TJSL berupa CCTV dan router. Bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Kegiatan kedua, Rizky menyebut Iconnetivity for Education berupa program Goes To School. Lewat kegiatan mengajar, PLN Icon Plus ingin memberikan edukasi dan pelatihan tentang TIK kepada para siswa dan guru. "Kami ingin membantu para siswa untuk memahami dan memanfaatkan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab," ungkapnya.

Kegiatan ketiga, PLN Icon Plus mengadakan Gerakan Menanam Pohon Pucuk Merah. Total se-Indonesia ada 1.000 pohon, dimana tiap SBU kebagian 85 pohon. Menariknya, gerakan menanam pohon ini tak hanya dilakukan di sekolah, tapi juga di rumah para pelajar.

Rizky menyebut PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT bahkan menggelar lomba tanam pucuk merah bagi para pelajar SMK-SMTI Makassar. Kompetisi ini berlangsung 2 Mei hingga 1 Juni 2024, dimana pengumuman pemenang diagendakan berlangsung pada 7 Juni mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lomba Tanam Pohon Pucuk Merah

Rizky menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi dukungan di dunia pendidikan, kegiatan itu juga dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Makanya, kami mengadakan Gerakan Menanam Pohon Pucuk Merah. Ya karena ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan udara yang bersih bagi generasi penerus bangsa," jelasnya. 

"Kegiatan menanam pohon pucuk merah ini juga akan kami lombakan kepada siswa dan siswi SMK-SMTI Makassar, agar para siswa juga dapat dengan dini turut menjaga kelestarian bumi," sambung Rizky.

Di momen Hardiknas ini, Rizky juga berpesan kepada para pelajar untuk terus belajar dan berprestasi. Manfaatkanlah TIK dengan sebaik-baiknya untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan kalian. Di samping itu, diminta jangan lupa menjaga kelestarian lingkungan dengan menjaga kebersihan dan menanam pohon.

"Marilah kita bersama-sama bergerak menuju anak bangsa yang digital. Anak bangsa yang cerdas, kreatif, inovatif, dan mampu bersaing di era global," pungkasnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha SMK-SMTI Makassar, Muhammad Amrullah, mengapresiasi sinergi dan kolaborasi bersama PLN Icon Plus dalam memeriahkan peringatan Hardiknas. Ragam kegiatan yang dilaksanakan disebutnya sangat bermanfaat.

"Terima kasih kepada PLN Icon Plus atas kolaborasinya, semoga ke depan banyak lagi yang bisa dikerjasamakan. Ragam kegiatan tadi merupakan kerja sama yang baik di bidang pendidikan dan lingkungan," ungkapnya.

Salah seorang perwakilan pelajar SMK-SMTI Makassar, Putri Hasfa Ananda Faisal, mengapresiasi bantuan dan dukungan PLN Icon Plus, khususnya bantuan pohon pucuk merah. Dengan adanya tambahan puluhan pohon, sekolahnya menjadi lebih asri dan adem, serta mendukung upaya pemerintah menekan emisi karbon.

"Terima kasih kepada PLN Icon Plus yang telah melakukan penghijauan di sekolah kami. Semoga sukses dan jaya selalu. Nah, buat teman-teman yang lain ayo lakukan penghijauan agar lingkungan semakin asri dan adem, sekaligus menjaga bumi," ungkapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.