Sukses

Fakta-Fakta Unik Tentang Rendang, Kuliner Legendaris Minangkabau yang Mendunia

Rendang tidak hanya sekadar hidangan makanan, tetapi merupakan bagian penting dari identitas dan warisan budaya Indonesia.

Liputan6.com, Padang - Rendang, hidangan khas Indonesia dari Sumatera Barat yang telah mendunia, bukan sekadar makanan, tapi merupakan bagian dari warisan budaya yang kaya dan lezat.

Dalam setiap gigitannya, rendang mengungkapkan kekayaan rasa dan sejarah yang mendalam. Rendang memiliki akar yang dalam dalam sejarah kuliner Indonesia.

Awalnya, hidangan ini berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat, dan menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia yang paling terkenal di dunia.

Di balik ketenarannya, terdapat fakta rendang yang membuat makanan ini digemari oleh banyak orang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta menarik mengenai rendang yang perlu Anda ketahui:

1. Filosofi Rendang

Rendang, sebagaimana dikutip dari Wikipedia, memiliki posisi istimewa dalam budaya masyarakat Minang. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat, yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang.

Secara simbolik, dagiang (daging sapi) melambangkan niniak mamak (para pemimpin suku adat), karambia (kelapa) melambangkan cadiak pandai (kaum Intelektual), lado (cabai) melambangkan alim ulama yang tegas untuk mengajarkan syariat agama, dan pemasak (bumbu) melambangkan keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perayaan adat, seperti berbagai upacara adat Minangkabau, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.

2. Waktu Memasak

Memasak rendang tidak sama dengan memasak makanan lainnya. Rendang harus membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasaknya.

Memasak rendang pun harus menggunakan suhu rendah alias api yang kecil. Tidak boleh menggunakan suhu api yang besar, karena akan memengaruhi rasa.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sebagai Bekal

Orang Minang terkenal dengan hobi merantau dan berdagang. Oleh karena itu, rendang kerap kali dijadikan bekal saat berdagang di rantau sejak bertahun-tahun lamanya.

Selain rasanya yang enak, alasan rendang dijadikan bekal untuk merantau yaitu karena dapat bertahan lama dan tidak mudah basi.

4. Tahan Lama

Seperti penjelasan di atas, rendang merupakan makanan yang dapat bertahan dalam waktu yang lama. Rendang bisa awet bahkan hingga berminggu-minggu lamanya.

Hal itu disebabkan oleh proses memasak rendang ini yang dimasak hingga benar-benar kering. Itulah yang membuat rendang ini dapat bertahan lama.

5. Makan Wajib Saat Pesta di Minangkabau

Lantaran mengandung pelambangan yang kental akan suku Minang, makanan ini wajib ada sebagai menu perjamuan saat dilangsungkan acara adat.

Rendang merupakan salah satu makanan yang wajib dihidangkan saat melangsungkan berbagai macam perhelatan mulai dari pernikahan hingga menyambut tamu kehormatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.