Sukses

Gunung Ruang Berstatus Siaga, Warga Diminta Tak Masuk Radius 4 Km dari Kawah Aktif

PVMBG mengingatkan warga untuk tidak memasuki radius 4 kilometer dari kawah aktif Gunung Ruang.

Liputan6.com, Sitaro - Pusat Vulkaologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan warga untuk tidak memasuki radius 4 Km dari kawah aktif Gunung Ruang. Saat ini, gunung yang berada di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut itu, berstatus Level III Siaga.

“Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada, dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang,” ujar Kepala PVMBG Hendra Gunawan, Rabu (24/4/2024) pagi.

Dia mengatakan, masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km, agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km. Masyarakat juga diingatkan untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

“Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui saluran informasi yang akurat,” ujarnya.

Terkait kondisi Gunung Ruang, dalam pengamatan periode pukul 00.00 – 06.00 Wita, Rabu (24/4/2024), cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat daya dan barat. Suhu udara 24-27 °C.

“Secara visual, gunung jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-150 m di atas puncak kawah,” ujarnya.

Untuk kegempaan vulkanik dangkal terjadi 2 kali, dengan amplitudo 2-3 mm, durasi 9.57-10.93 detik. Sedangkan vulkanik dalam berjumlah 2, dengan amplitudo 2-5 mm, dan durasi 7.92-11.88 detik.

“Untuk tingkat aktivitas Gunung Ruang berada di Level III Siaga,” ujarnya memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini