Sukses

DPC PDIP Kota Semarang Mulai Menjaring Calon Wali Kota

Meski masih bulan November 2024 baru digelar Pemilihan Wali Kota Semarang, namun DPC PDIP sudah memulai tahapan penjaringan calon dengan metode bottom up atau dari bawah.

Liputan6.com, Semarang - DPC PDIP Kota Semarang bersiap membuka pendaftaran penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang untuk pilkada serentak tahun 2024. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 2 Mei 2024 hingga 11 Mei 2024. Sedangkan untuk pengembalian formulir sendiri bisa dilakukan mulai tanggal 13 Mei 2024 sampai 18 Mei 2024.

Hendrar Prihadi, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang pun menekankan jika penjaringan bakal calon wali kota dan wakilnya  terbuka untuk umum. Hal itu disampaikan Hendi usai dirinta menghadiri kegiatan pengukuhan pengurus IKASPEGA di Hotel Grasia Semarang.

"Kami sudah mendapatkan surat dari dewan pimpinan pusat untuk melakukan penjaringan bagi kawan-kawan yang ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah dari PDI Perjuangan," kata Hendi.

Menurut Hendi, belum munculnya nama dari PDI Perjuangan Kota Semarang karena proses penjaringan baru akan dibuka pada tanggal 2 Mei 2024.

"Kan belum dibuka pendaftaran. Nanti kalau setelah dibuka pendaftarannya, lalu sudah mulai ada yang mendaftar, kita akan infokan," katanya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan hingga saat ini pihaknya belum melakukan komunikasi politik dengan siapapun terkait Pilwalkot Semarang 2024. Hal ini karena PDI Perjuangan Kota Semarang belum membuka pendaftaran penjaringan.

"Belum ada, karena kan prosesnya belum dimulai," katanya.

Ditambahkan bahwa jika PDI Perjuangan akan menjalin komunikasi dengan semua parpol untuk membuka peluang berkoalisi, meski PDI Perjuangan dapat mencalonkan sendiri dengan raihan 14 kursi di DPRD Kota Semarang.

"Potensi mengusung sendiri sebenarnya bisa, tapi kita buka koalisi. Komunikasi sudah tiap hari ketemu dengan ketua partai di DPRD," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.