Sukses

Bikin Nagih, Berikut Olahan Gulai di Sumbar yang Wajib Anda Cicip

Dengan berbagai olahan gulai yang kaya rasa dan aroma ini, Anda dapat merasakan kelezatan tradisional dari Sumatera Barat

Liputan6.com, Padang - Ketika berkunjung ke Sumatera Barat, Anda wajib berburu kulinernya yang lezat. Tak hanya camilan, olahan gulai juga patut untuk dicicip.

Gulai, hidangan khas Minangkabau ini, terbuat dari bahan-bahan segar yang diolah dengan rempah-rempah dan santan, menciptakan rasa yang kaya dan kompleks.

Berikut beberapa olahan gulai khas Sumbar yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Gulai Tambunsu

Gulai yang satu ini merupakan gulai berkuah kental dari usus sapi yang diisi kocokan telur, tahu, dan bumbu-bumbu lainnya. Tidak hanya isian telur, gulai tambunsu juga bisa diisi dengan bahan makanan lain seperti tahu, tempe dan kentang.

Gulai ini sangat banyak diminati oleh pelanggan masakan padang. Hal itu lantaran cita rasa gulai ini sangat enak, ditambah rempah-rempahnya yang pekat.

2. Gulai Masin

Gulai masin merupakan gulai ikan dengan rasa yang asam gurih. Gulai ini berciri khas bumbu kuning dan rempah segar. Perpaduan bumbu dan rempah tersebut membuat rasa gulai lebih lezat. Ditambah rasa gurih enak dari daging ikan mas.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gulai Kapalo Lauak

Gulai kapalo lauak atau ikan ini sesuai dengan namanya yaitu memakai kepala ikan sebagai bahan utama.

Ikan yang dipakai umumnya adalah ikan karang, seperti kerapu atau kakap. Gulai kepala ikan disajikan ditengah kuah kuning dari santan yang kental yang melumurinya. Setelah itu dihiasi beberapa butir cabe rawit yang utuh.

4. Gulai Cancang

Gulai cancang merupakan gulai daging yang dipotong kecil-kecil. Daging yang digunakan tidak seperti rendang.

Gulai cancang menggunakan daging yang mengandung lemak, tulang dengan daging yang masih menempel dan jeroan. Gulai ini memiliki rasa rempah-rempah dan santan yang pekat.

5. Gulai Tunjang

Tunjang adalah nama lain dari kikil, namun kalau di rumah makan Padang, tunjang ini di gulai bersamaan dengan tulang lunaknya.

Gulai tunjang ini enaknya disantap menggunakan tangan. Selain itu, gulai tunjang biasanya disajikan dengan ketupat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.