Sukses

Mudik Gratis Bareng Pemko Medan, Ribuan Pemudik Bisa Pulang Kampung

Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) melaksanakan program mudik gratis. Ribuan masyarakat yang mengikuti program mudik gratis ini telah diberangkatkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Minggu, 7 April 2024.

Liputan6.com, Medan Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) melaksanakan program mudik gratis. Ribuan masyarakat yang mengikuti program mudik gratis ini telah diberangkatkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Minggu, 7 April 2024.

Peserta mudik gratis ini terlihat sangat antusias untuk segera pulang kampung dan berlebaran bersama sanak saudara. Pelepasan pemberangkatan mudik gratis ini dilakukan Bobby Nasution di jalan samping Masjid Raya Al-Mashun, Kecamatan Medan Kota.

Sebanyak 6.060 pemudik diberangkatkan dengan menggunakan bus besar dan bus sedang, dengan jumlah total 176 bus.

"Keberangkatan mudik gratis bareng Pemko Medan ini hari kedua. Total pemudik berjumlah 6.060 lebih, total 176 bus," kata Bobby Nasution.

Sama seperti program mudik sebelumnya, rute yang menjadi tujuan dalam mudik tahun ini terdapat di 12 kabupaten kota yang ada di Sumatera Utara (Sumut). Rute yang paling jauh tujuannya ke Mandailing Natal.

"Mudik gratis ini hanya keberangkatan dari Medan. Arus balik tidak diakomodir, karena masing-masing. Pemudik mendapatkan beberapa fasilitas, snack, konsumsi makan satu kali, dan sejumlah bingkisan," terangnya.

Bobby berpesan, agar perjalanan mudik aman dan nyaman, para supir yang mengendari bus wajib berhati-hati. Artinya, pengemudi harus mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.

"Ini mau pulang kampung, mau ketemu keluarga, bukan mau kebut-kebutan atau cepat-cepatan. Mau selamat sampai tujuan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkah Bagi Masyarakat

Program mudik gratis membawa keberkahan bagi pemudik. Seperti yang diungkapkan Maulidia Putri Ritonga. Daia mengaku mudik gratis bareng Pemko Medan ini dapat membantu untuk pulang kampung.

"Program mudik gratis bareng ini membuat kami, apalagi saya seorang mahasiswi, pastinya sangat terbantu," jelasnya mahasiswi UINSU ini.

Maulidia baru kali ini mengikuti program mudik gratis bareng Pemko Medan. Informasi mudik ini diperolehnya dari teman dan media sosial.

"Tujuan mudik saya ke Rantau Prapat. Program ini saya berharap dapat terus berlanjut, karena masyarakat, khususnya mahasiswa sangat tertolong," ungkapnya.

Dengan adanya program mudik gratis bareng Pemko Medan, Maulidia mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Diharapkan program ini dapat berlanjut terus untuk tahun selanjutnya.

"Terima kasih saya sampaikan kepada Pak Bobby Nasution sudah menyediakan program mudik gratis, kami tertolong adanya program ini," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Pelayanan Sangat Baik

Pemudik lainnya, Agustin, mengaku sudah kali kedua ikut program mudik gratis bareng Pemko Medan. Dia memilih ikut mudik gratis ini karena pelayanan yang diberikan sangat baik, meskipun gratis namun pelayanan tetap baik.

"Kalau ditanya kenapa memilih ikut program ini, karena pelayanannya baik. Mulai dari pendaftaran sampai dengan keberangkatan," sebutnya.

Agustin yang berangkat mudik bersama keluarganya tujuan Kota Pinang ini berharap program mudik gratis Pemko Medan tetap diadakan dan pelayanan yang sudah baik dapat ditingkatkan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Bobby Nasution dan Dishub yang telah menggelar mudik gratis, sehingga kami bisa pulang ke kampung halaman," bebernya.

4 dari 4 halaman

Diikuti Ribuan Pemudik

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Medan, Iswar Lubis mengungkapkan, pada pelepasan hari kedua ini ada sekitar 1.582 pemudik dengan 45 bus. Berbeda pada hari sebelumnya, ada 2.278 pemudik dengan 68 bus.

Pelepasan program tersebut juga akan terus berlangsung sampai Senin (8/4/2024) dengan jumlah 2.200 pemudik menggunakan 63 bus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini