Sukses

Kecelakaan Kerja Terus Berulang, Gunhar Minta PT IMIP Morowali Disetop Sementara

Kebocoran gas asam mengakibatkan 40 karyawan di kawasan PT IMIP mengalami sesak napas hingga pusing.

Liputan6.com, Jakarta - Pipa gas asam milik PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalami kebocoran. Insiden itu mengakibatkan 40 karyawan mengalami sesak napas hingga pusing akibat terpapar gas asam.

Terkait kecelakaan kerja yang terus berulang, anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar meminta peristiwa yang terjadi di area pabrik milik PT MTI di dalam Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) itu diinvestigasi.

Bahkan menurut Gunhar, PT MTI harus ditinjau ulang, mengingat telah berulang kali terjadi kecelakaan kerja yang membahayakan keselamatan para karyawan.

"Keberadaan PT IMIP Morowali harus ditinjau ulang terkait kecelakaan kerja dan kejadian ledakan dan kebocoran pipa gas akhir-akhir ini," kata Gunhar dalam keterangan resminya, Senin (25/3/2024).

Menurut gunhar, selama ini belum ada upaya pemerintah untuk melakukan investigasi menyeluruh terkait IMIP di morowali. Sehingga berpotensi kecelakaan kerja terulang kembali.

"Setelah ledakan smelter sekarang kebocoran pipa gas, nanti ke depan ada apa lagi terkait kecelakaan kerja di IMIP?" katanya.

Gunhar meminta dihentikanya terlebih dahulu operasional perusahaan untuk sementara waktu. Sehingga bisa dilakukan audit investigasi menyeluruh terkait semua yang ada di PT IMIP Morowali.

"Seharusnya segera audit teknis secara menyeluruh terkait semua kecelakaan kerja di PT MTI IMIP morowali," katanya.

Menurutnya diperlukan audit investigasi gabungan dari berbagai kalangan, antara lain Kementrian ESDM, Perindustrian dan Panja Minerba Komisi VII DPR RI.

"Agar kecelakaan kerja tidak lagi terjadi, maka diperlukan audit investigasi yang dilakukan secara gabungan antara Kementerian ESDM, perindustrian, DPR," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Investigasi

Komisi VII menurutnya akan melakukan kunjungan ke lokasi PT MIP dalam waktu dekat ini, untuk melakukan investigasi atas kecelakaan yang terbaru.

"Kita akan melakukan kunjungan ke lokasi sesegera mungkin, sehingga dapat diketahui penyebab terjadinya kebocoran pipa gas di area pabrik milik PT MIP," katanya.

Sebelumnya kebocoran gas asam milik PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI) di Morowali terjadi pada Selasa Malam (19/3/2024), sekitar pukul 23.00 Wita. Kebocoran itu terjadi saat sedang dilakukan pengerjaan uji coba pengoperasian pabrik asam di perusahaan tersebut. Kebocoran terjadi di lantai 4 pabrik setelah pengerjaan dilakukan selama satu jam.

Akibat kebocoran gas asam itu 40 pekerja dari empat perusahaan yang berdekatan dengan lokasi kejadian mengalami sesak napas dan pusing diduga karena menghirup gas tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.