Sukses

Sinopsis Film Blacklight, Perjalanan Liam Neeson Mengungkap Konspirasi Pemerintah

Film Blacklight merupakan film aksi Liam Neeson yang dijadwalkan tayang malam ini, Senin (25/3/2024) di salah satu stasiun televisi swasta.

Liputan6.com, Bandung - Blacklight merupakan film bergenre aksi, drama, dan thriller yang diperankan oleh Liam Neeson. Film ini tayang sejak 2022 dan dijadwalkan tayang pada Senin (25/3/2024) pukul 21.45 WIB di salah satu stasiun televisi swasta.

Selain Liam Neeson film ini juga diperankan oleh beberapa aktor populer seperti Aidan Quinn, Emmy Raver-Lampman, dan Taylor John Smith. Mempunyai durasi 1 jam 44 menit film Blacklight hanya bisa disaksikan oleh penonton berusia 13 tahun ke atas. 

Film ini digarap oleh sutradara Mark Williams yang dikenal sebagai sutradara film Honest Thief (2020) dan A Family Man (2016). Cerita film Blacklight ditulis oleh Nick May dan Brandon Reavis diketahui penulisan naskahnya dibantu oleh sang sutradara dan Nick May. 

Backlight mempunyai premis cerita tentang seorang agen pemerintah yang telah berdamai dengan masa lalunya yang kelam. Namun agen ini justru menjadi incaran direktur FBI dan perlahan membuatnya membongkar konspirasi pemerintahan.

Pertama kali film Blacklight rilis di Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 2022. dan digarap dengan anggaran sekitar $43 juta. Namun film tersebut gagal meraih keuntungan karena hanya meraih pendapatan sekitar $16 juta.

Melansir dari situs Rotten Tomatoes film ini meraih skor 11% dari total 105 suara kritikus. Menurut salah satu penonton, film ini cukup menghibur terutama untuk penggemar film Liam Neeson.

Kemudian dalam situs IMDb, film ini juga meraih rating yang tidak begitu tinggi sekitar 4.8 dari total 24 ribu ulasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Blacklight

Menceritakan perjalanan seorang pekerja lepas agen pemerintahan bernama Travis Block (Liam Neeson). Travis hidup di pinggiran dan tengah berusaha berdamai dengan masa lalunya yang kelam.

Sosoknya juga dikenal sebagai agen berbahaya yang mempunyai tugas termasuk mengekstraksi agen dari situasi penyamaran. Suatu hari Block menemukan program bayangan bernama “Operation Unity”.

Program ini ternyata menyerang warga biasa karena alasan yang hanya diketahui oleh bos Block yaitu Kepala FBI Robinson (Aidan Quinn). Mengetahui fakta kelam tersebut Block meminta bantuan seorang jurnalis bernama Mira (Emmy Raver-Lampman).

Namun, masa lalu dan masa kininya bertabrakan ketika putri dan cucunya mulai terancam. Block saat ini berada dalam situasi yang berat karena harus memilih antara menyelamatkan orang-orang yang ia cintai atau mengungkap kebenaran.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film Blacklight

Melansir dari IMDb berikut ini adalah daftar pemain film Blacklight:

1. Liam Neeson sebagai Travis Block.

2. Aidan Quinn sebagai Gabriel Robinson.

3. Taylor John Smith sebagai Dusty Crane.

4. Emmy Raver-Lampman sebagai Mira Jones.

5. Claire van der Boom sebagai Amanda Block.

6. Yael Stone sebagai Helen Davidson.

7. Andrew Shaw sebagai Jordan Lockhart.

8. Zac Lemons sebagai Wallace.

9. Gabriella Sengos sebagai Natalie Block.

10. Tim Draxl sebagai Drew Hawthorne.

11. Georgia Flood sebagai Pearl.

12. Caroline Brazier sebagai Sarah.

13. Mel Jarnson sebagai Sofia Flores.

14. Sunny S. Walia.

15. Linc Hasler.

16. Anthony J. Sharpe.

17. Cam Faull.

18. Jasper Bagg.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film Blacklight

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini adalah fakta-fakta menarik film Blacklight:

1. Adaptasi dari skenario lain

Film Blacklight digarap oleh sutradara Mark Williams dan ia mengadaptasi naskah dari skenario asli milik Nick May bertajuk “Under Cover of Darkness”. Naskah tersebut merupakan naskah film thriller tahun 1970an yang kisahnya berdasarkan peristiwa nyata.

2. Waktu produksi yang panjang

Film Blacklight harus melalui masa produksi yang panjang sebelum akhirnya resmi tayang pada 2022. Diketahui film ini diproduksi oleh Zero Gravity Management, The Solution, Entertainment Group, dan lain-lain pada November 2020 lalu di Melbourne, Australia.

Kemudian filmnya diproduksi kembali pada awal 2021 di Canberra dan digarap dengan budget $43 juta. Setahun kemudian film Blacklight berhasil tayang di bioskop, tetapi dengan pendapatan yang kecil sekitar $16 juta dari bujet awal.

3. Mendapatkan kritikan

Melalui beberapa situs film, Blacklight meraih rating yang kurang memuaskan dan mendapatkan beberapa kritikan. Namun film ini tidak dinilai jelek karena masih menarik untuk disaksikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.