Sukses

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Resmi Dibuka, Berikut Link dan Cara Daftarnya

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 telah resmi dibuka sejak Sabtu (23/3/2024). Berikut ini adalah link, ketentuan, alur, dan cara pendaftarannya.

Liputan6.com, Bandung - Rekrutmen Bersama BUMN 2024 telah resmi membuka pendaftarannya sejak Sabtu (23/3/2024). Lowongan BUMN ini terbuka untuk masyarakat Indonesia baik dari lulusan minimal SMA/SMK, D3, D4/S1, dan S2.

Para pelamar kerja bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi FHCI. Diketahui pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024 akan berlangsung hingga Senin, 1 April 2024.

Ada waktu 10 hari sampai dengan 1 April 2024 untuk mendaftar,” tulis @fhci.bumn.

Sebagai informasi proses pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024 masih sama dengan proses penerimaan pegawai BUMN sebelumnya. Proses pendaftaran tersebut merupakan hasil kerja sama Kementerian BUMN dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Pada tahun 2024 ini ada sekitar 1.800 lowongan pekerjaan yang dibuka di perusahaan-perusahaan BUMN. Mulai dari Pertamina, Mandiri, BNI, BRI, BTN, KAI, Kimia Farma, PLN, Jasa Marga, dan lain-lain.

Yang ditunggu-tunggu tiba juga. 110 BUMN menyediakan 1800+ lowongan pekerjaan, terbuka untuk jenjang SMA/sederajat, D3, S1/D4 dan S2,” tulis @fhci.bumn.

Melansir dari unggahan di Instagram resminya pihak Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengimbau pendaftar untuk teliti. Kemudian pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online melalui situs resminya atau melalui link https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/.

Bagi peserta yang lolos registrasi online akan menjalani tes online 1 yaitu untuk D3, D4/S1, dan S2 berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes AKHLAK dan Wawasan Kebangsaan. Kemudian untuk lulusan SMA/Sederajat terdapat Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Wawasan Kebangsaan.

Jika peserta berhasil lolos dalam tahapan tes online 1 maka akan dilanjutkan dengan tes online 2. Lulusan D3, D4/S1, dan S2 menjalani Tes Bahasa Inggris dan Learning Agility sementara lulusan SMA/Sederajat menjalani Tes AKHLAK dan Learning Agility.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alur Pendaftaran Rekrutmen

Melansir dari situs resmi Rekrutmen Bersama 2024 berikut ini adalah jadwal atau alur pendaftaran rekrutmen 2024. Jadwal di bawah ini bisa berubah berdasarkan keputusan Panitia Rekrutmen dan Seleksi yaitu FHCI.

1. Registrasi Online dan Seleksi Administrasi: 23 Maret - 10 April 2024.

2. Pengumuman Registrasi Online: April 2024.

3. Tes Online 1: 27 April - 4 Mei 2024.

4. Pengumuman Tes Online 1: Mei 2024.

5. Tes Online 2: 25 Mei - 27 Mei 2024.

6. Pengumuman Tes Online 2: Juni 2024.

7. Tes Seleksi di BUMN: 11 Juni - 30 Juni 2024.

8. Pengumuman Final Calon Pegawai BUMN Grup: Juli 2024.

9. Inaugurasi: (to be confirmed).

3 dari 4 halaman

Ketentuan Umum Rekrutmen Bersama BUMN

Berikut ini adalah beberapa ketentuan umum untuk pendaftar Rekrutmen Bersama BUMN:

1. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal 1 posisi dari keseluruhan BUMN.

2. Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/menjanjikan sesuatu/menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

3. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui situs resminya atau link https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/. Forum Human Capital Indonesia (FHCI) tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.

4. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/.

5. Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar.

6. Seluruh pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/.

7. Forum Human Capital Indonesia (FHCI) berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.

8. Hasil keputusan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Masa waktu registrasi online adalah 23 Maret - 1 April 2024.

4 dari 4 halaman

Cara Melamar Rekrutmen BUMN 2024

Mengutip dari situs resminya berikut ini adalah cara melamar Rekrutmen Bersama BUMN 2024:

1. Peserta hanya bisa melamar melalui situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 atau melalui link berikut https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/.

2. Jika peserta sudah mengakses link tersebut maka dilanjutkan dengan mengikuti petunjuk pendaftaran yang tersedia.

3. Pastikan alamat e-mail yang digunakan merupakan alamat pribadi dan nomor telepon seluler merupakan nomor yang masih aktif.

4. Pelamar dilarang untuk menggunakan alamat e-mail milik orang lain atau kantor dalam proses pendaftaran tersebut.

5. Tidak ada layanan untuk perubahan atau koreksi seluruh data-data dan dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.

6. Agar proses pendaftaran menjadi mudah berikut ini adalah dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu:

  • Foto Profil (Wajib).
  • KTP (Wajib).
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (Wajib).
  • Transkrip Nilai atau Nilai Ujian Sekolah (Wajib).
  • SKCK (Jika Ada).
  • Dokumen lainnya (Sertifikat Pelatihan, Bahasa Inggris, dll) (Jika Ada).
  • Surat Rekomendasi yang bisa menggunakan template surat rekomendasi yang dapat diunduh melalui situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN (Jika Ada).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.