Sukses

Pantang Bosan Tunggu Buka Puasa, Ini Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Solo

Saat ngabuburit, masyarakat akan saling berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas seru sambil menunggu azan magrib.

Liputan6.com, Solo - Ngabuburit menjadi salah satu aktivitas yang banyak dinanti-nanti saat Ramadan tiba. Beberapa daerah di Indonesia pun menyediakan lokasi-lokasi menarik yang cocok untuk ngabuburit, termasuk Kota Solo.

Saat ngabuburit, masyarakat akan saling berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas seru sambil menunggu azan magrib. Tanpa disadari, ngabuburit telah menjelma menjadi tradisi yang identik dengan Ramadan.

Mengutip dari surakarta.go.id, berikut rekomendasi tempat ngabuburit di Solo:

1. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul menjadi salah satu lokasi yang sangat ramai pengunjung, terutama saat ngabuburit. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, mulai dari jalan-jalan mengelilingi alun-alun hingga menunggang delman. Menariknya lagi, banyak UMKM yang menggelar aneka kuliner dengan konsep lesehan maupun meja-kursi.

2. Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed berada di kawasan Gilingan, Banjarsari, Kota Solo. Masjid ini sempat menjadi tren baru untuk menghabiskan waktu sore di Kota Solo. Pada bulan Ramadan, tempat wisata religi ini pun telah menjadi incaran tempat ngabuburit bagi pengunjung lokal maupun wisatawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stadion Manahan

3. Stadion Manahan

Stadion Manahan menjadi tempat ngabuburit paling favorit bagi warga Solo. Terdapat banyak shelter kuliner yang disediakan Pemkot Surakarta.

Para penjual berjejer rapi, sehingga terlihat menarik untuk ditelusuri satu per satu. Selain itu, di sini sudah ada areal jogging track yang lebar serta Plaza Manahan yang luas.

4. Taman Bendung Tirtonadi

Taman Bendung Tirtonadi atau Taman Papan Kawruh Tirta merupakan tempat yang masih terhitung baru. Ruang terbuka untuk publik ini berada di pinggir Kali Pepe, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi ngabuburit.

Banyak warga yang memanfaatkan waktu menunggu berbuka dengan melihat aliran sungai Kali Pepe. Selain itu, juga terdapat banyak pedagang kuliner di area tersebut.

5. Taman Cerdas Soekarno-Hatta Jebres

Taman Cerdas berada di kawasan Kentingan, Jebres, Solo. Kawasan ini sangat ramai dikunjungi keluarga, anak-anak, hingga para anak muda.

Lokasinya yang berada tak jauh dari Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Seni Indonesia (ISI) in memang menjadi langganan untuk ngabuburit. Selain dilengkapi wahana permainan anak-anak, di sini juga ada banyak tempat nongkrong seru serta spot foto menarik.

6. Taman Jayawijaya Mojosongo

Taman Jayawijaya Mojosongo yang berada di Jebres, Kota Solo, juga bisa menjadi pilihan lokasi ngabuburit. Kawasan ini merupakan taman luas yang cocok untuk nongkrong, jalan-jalan, ataupun berfoto.

Selain itu, ada lokasi bermain yang sangat ramah anak. Untuk kulinernya, di sekitar taman ada beberapa penjual yang menjajakan aneka takjil.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini