Sukses

DPRD Kritik Angka Pengangguran di Gorontalo Meningkat Signifikan

Poin yang menjadi sorotan terkait dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan peningkatan minat dan lama sekolah tapi justru diiringi dengan meningkatnya pengangguran terbuka secara signifikan.

Liputan6.com, Gorontalo - Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Yuriko Kamaru, mengkritik laporan pertanggungjawaban Gubernur Gorontalo tahun 2023. Sebab, laporan Gubernur perlu dikaji dan diskusikan bersama oleh seluruh elemen.

Yuriko Kamaru menyoroti beberapa poin penting yang mungkin disarankan untuk menjadi perhatian serius pemerintah. Salah satu poin yang menjadi sorotan terkait dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan peningkatan minat dan lama sekolah.

"Dalam paparan yang disampaikan oleh Gubernur justru diiringi dengan meningkatnya tingkat pengangguran terbuka secara signifikan di [Provinsi Gorontalo]," kata dia.

Pertanyaan yang muncul dari tanggapan tersebut adalah, mengapa peningkatan IPM dan pendidikan tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja yang memadai.

“Meskipun terjadi peningkatan dalam hal IPM dan pendidikan, namun ketersediaan lapangan kerja masih persoalan. Tentu saja hal ini menjadi kontradiksi yang perlu menjadi perhatian serius pemerintah,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi ini menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari gubernur dan seluruh elemen pemerintah. Bagaimana mencari solusi untuk mengatasi angka pengangguran yang masih cukup tinggi di Provinsi Gorontalo.

“Perubahan positif yang diharapkan tidak hanya dalam hal peningkatan IPM dan pendidikan, tetapi juga dalam menciptakan lapangan kerja yang memadai bagi masyarakat,” ujar Politisi Nasdem ini.

Oleh sebab itu, bagi Yuriko, mencari solusi yang tepat menjadi satu poin penting. Ia berharap, pemerintah dapat menemukan indikator yang mampu menjadikan beberapa elemen tersebut, tidak lagi bertolak belakang atau kontradiktif.

“Diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik antara pemerintah, lembaga terkait, dan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan ini. Penyelesaian yang efektif akan membawa dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo secara keseluruhan,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Ismail Pakaya menyampaikan dari beberapa target sasaran pembangunan yang mengalami peningkatan. Dia mengapresiasi seluruh pihak terkait. Walaupun beberapa capaian pembangunan yang telah diraih masih belum maksimal, ia tetap memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, unsur Forkopimda, Pimpinan OPD serta seluruh pihak yang telah bersama-sama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk kemajuan Gorontalo,” tandasnya.

 

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.