Sukses

Peluang PP Perbasi untuk Pemain Scouting ke Lithuania, Bisa Gabung Timnas Indonesia 

Sebelumnya, PP Perbasi menentukan syarat pemain seleksi wajib berusia antara 14-18 tahun dengan postur minimal 180 sentimeter.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) membuka peluang bagi pemain yang tergabung dalam scouting Indonesia Patriots untuk membela Timnas Indonesia di ajang SEABA dan Piala Asia U-18 2024 mendatang.

Namun sebelum membela Timnas Indonesia, pemain hasil seleksi akan diberangkatkan ke Lithuania untuk berlatih basket selama enam bulan. Dari 100 nama yang diseleksi dari seluruh penjuru Indonesia, akan disaring 15 pemain yang memiliki kriteria tertentu.

Sebelumnya PP Perbasi menentukan syarat pemain seleksi wajib berusia antara 14-18 tahun dengan postur minimal 180 sentimeter.

“Bagi pemain yang memiliki tinggi di bawah 180 cm bukan tertutup peluangnya menjadi pemain basket. Mereka bisa mencoba peruntungan saat PP PERBASI menggelar seleksi pembentukan Tim Nasional. Terdekat kami akan siapkan timnas untuk hadapi SEABA dan Piala Asia U-18,” ujar Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Minggu (18/2/2024).

Scouting pemain muda ini telah dilaksanakan sejak 15 Februari 2024 dan akan berakhir pada 6 Maret 2024 di Surabaya. Seturut rencana PP Perbasi akan melakukan scouting di 11 daerah Indonesia misalnya, Jakarta, Makassar, Tangerang, Surabaya dan lainnya.

Saat pelaksanaan scouting di DKI Jakarta, sebanyak 60 peserta ambil bagian. Peserta didominasi bertinggi badan 180 cm hingga 190 cm. Dari data yang ada, sebanyak enam peserta dengan postur bertinggi antara 190 cm hingga 195 cm, dan dua pemain dengan postur 195 cm.

Pelaksanaan scouting kemudian bergeser ke Makassar pada 17 Februari 2024. Kemudian berlanjut ke Tangerang di The Hawks Basketball Kabupaten Tangerang.

“Yang perlu diperhatikan adalah, scouting ini bukan untuk membentuk Tim Nasional. Scouting ini untuk mencari pemain potensial bertinggi minimal 180 cm yang kemudian dikirim untuk berlatih ke Lithuania,” ucap Danny.

Setelah keliling ke 11 daerah, para pemain yang telah dikerucutkan bakal dikumpulkan di Surabaya untuk diseleksi langsung oleh pelatih asal Lithuania pada 4 hingga 6 Maret 2024.

Dari seleksi langsung ini harapannya bisa mendapat 15 pemain potensial. Sebabnya, scouting ini akan dijadikan untuk database dan mempersiapkan Timnas Indonesia untuk masa depan.

Adapun dari scouting di setiap daerah, para pemain yang lolos mendapatkan tiket seleksi di Surabaya tidak langsung diumumkan. Nama-nama yang sudah dikantongi akan diumumkan awal Maret jelang seleksi 100 pemain dengan tinggi minimal 180 cm di Surabaya.

“Semua biaya selama di Lithuania menjadi tanggungan PP PERBASI. Bahkan selama seleksi di Surabaya, bagi 100 peserta yang seleksi mendapatkan fasilitas akomodasi gratis,” kata Danny.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.