Sukses

Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Berikut Niat dan Amalannya

Malam Nisfu Syaban merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh umat Muslim. Berikut ini adalah waktu malam nisfu syaban 2024 dan bacaan niat serta amalannya.

Liputan6.com, Bandung - Pada kalender hijriah 1445 Malam Nisfu Syaban 2024 jatuh pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 mendatang. Nisfu Syaban merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh umat muslim terutama untuk melakukan puasa sunnah.

Melansir dari Nu Online malam Nisfu Syaban sangat dinantikan karena pada malam tersebut Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa hamba-Nya. Sehingga pada malam tersebut juga sangat dinantikan oleh para umat muslim.

Diketahui malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan. Selain itu, umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunnah dalam meraih keutamaan malam Nisfu Syaban.

Sementara itu, mengutip dari situs resmi Kementerian Agama malam Nisfu Syaban merupakan malam dibukanya 300 pintu rahmat dan pintu ampunan oleh Allah SWT. Umat muslim juga dianjurkan melakukan ibadah sunnah seperti yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW berikut.

Apabila malam nisfu syaban (tiba), maka salatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman, “Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku? Maka aku akan mengampuninya. Adakah orang yang meminta rezeki? Maka aku akan memberinya rezeki? Adakah orang yang mendapat cobaan? Maka aku akan menyembuhkannya. Adakah yang begini dan adakah yang begini.. hingga terbit fajar” (H.R. Ibnu Majah).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapan Puasa Nisfu Syaban dan Bacaan Niatnya

Melansir dari NU Online Nisfu Syaban secara harfiah berarti hari pertengahan bulan Syaban yaitu tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah. Sehingga malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban malamnya.

Sementara itu, jika dalam kalender Masehi maka Nisfu Syaban jatuh pada hari Minggu, 25 Februari 2024 dan malam Nisfu Shaban jatuh di hari Sabtu, 24 Februari 2024 malam. Bagi umat muslim yang ingin melakukan ibadah puasa sunnah maka bisa melaksanakannya pada tanggal 25 Februari 2024.

Umat Muslim yang ingin melaksanakan puasa nisfu syaban maka bisa membacakan niat berikut ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma ghadin an ada’i sunnati syabana lillahi ta’ala)

Artinya: “Aku berniat puasa sunah syaban esok hari karena Allah SWT”.

Kemudian bagi umat muslim yang tidak sempat melafalkan niat tersebut di malam harinya maka masih bisa membacakan niat puasa selagi belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak subuh. Berikut ini adalah niat puasa sunah yang bisa dibaca pada waktu siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati syabana lillahi ta’ala).

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syaban hari ini karena Allah SWT”.

3 dari 4 halaman

Amalan pada Malam Nisfu Syaban

Melansir dari situs resmi Nu Online berikut ini sejumlah amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban:

1. Berdoa

Pada malam nisfu syaban para umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa karena pada malam ini menjadi malam di mana Allah SWT mengampuni dosa-dosa hambanya.

Selain itu anjuran memperbanyak doa juga diriwayatkan dalam hadits riwayat ABu Bakar yang berbunyi berikut:

(Rahmat) Allah turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)”.

2. Membaca Syahadat

Pada malam nisfu syaban umat muslim juga dianjurkan untuk melakukan amalan dengan membaca kalimat syahadat. Meskipun kalimat syahadat bisa diamalkan setiap waktu namun kalimat ini sangat baik diucapkan di malam nisfu syaban.

Salah satunya merujuk dari Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitab Ithmi’nanul Qulub Bidzikri ‘Allamil Guhyub yang menyatakan berikut:

Seyogyanya seorang Muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, “La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah”, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya”.

4 dari 4 halaman

Amalan di Malam Nisfu Syaban

3. Istighfar

Selain berdoa dan membaca syahadat umat muslim juga dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak-banyaknya. Sehingga menjadi pengingat kepada manusia bahwa manusia tempatnya salah dan khilaf.

Memperbanyak istighfar merupakan meminta ampunan kepada Allah SWT sehingga sangat dianjurkan untuk dibaca pada malam nisfu syaban. Sebagaimana keterangan dari Sayyid Muhammad bin Alawi dalam Kitab Ithmi’nanul Qulub berikut ini:

Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran dan hadits. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.