Sukses

Catat, 6 Destinasi Kuliner di Semarang yang Harus Dicoba

Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki wisata kuliner menggugah selera. Berikut ini adalah 6 destinasi wisata kuliner di Semarang yang patut dicoba.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati wisata tidak harus selalu tentang alam atau tempat rekreasi yang menantang. Berwisata juga bisa tentang berpetualang memanjakan lidah dengan rasa-rasa baru yang tidak pernah kita coba.

Saat ini ada banyak wisata kuliner menarik yang bisa dicoba untuk mengenal lebih jauh tentang rasa-rasa baru. Salah satunya menikmati wisata kuliner di Semarang yang mempunyai beragam jenis makanan khasnya.

Melakukan wisata kuliner membantu kita untuk memanjakan lidah dengan merasakan masakan dari budaya yang berbeda. Terutama dengan mencicipi hidangan-hidangan lokal yang membuka kita untuk mengetahui cerita dan sejarah dari makanan tersebut.

Wisata kuliner juga membuka kesempatan bagi kita untuk mendapatkan wawasan yang luas tentang budaya dan kuliner yang ada di kota tersebut. Sehingga kita bisa menghargai bagaimana proses makanan tersebut bisa dibuat.

Masyarakat juga bisa memiliki pandangan baru terkait kuliner lokal dan mungkin bisa menjadi inspirasi untuk kita bisa membuat makanan serupa untuk nantinya disantap ketika berada di rumah.

Selain memberikan pengalaman baru dengan merasakan berbagai rasa yang berbeda-beda. Ketika melakukan wisata kuliner kita juga bisa membantu ekonomi lokal terutama ketika berwisata ke restoran, pasar tradisional, atau pedagang kaki lima yang ada.

Secara tidak langsung kita memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat setempat untuk tetap mempertahankan kuliner mereka terutama kuliner yang menjadi ciri khas atau warisan kuliner dari daerah tersebut.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah sejumlah destinasi kuliner di Semarang yang patut dicoba ketika mengunjungi kota tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Destinasi Kuliner di Semarang

1. Toko Oen

Toko Oen merupakan salah satu tempat makan atau restoran legendaris di Semarang yang masih dijalankan dan dikelola oleh keturunan langsung pendirinya. Melansir dari situs resmi Toko Oen didirikan sekitar tahun 1910 di Yogyakarta oleh Ny. Liem Gien Nio.

Beliau merupakan istri dari Tuan Oen Tjoen Hok dan pada 1922 toko ini tidak hanya menjual kue kering tetapi juga kedai es krim. Kemudian Toko Oen bertransformasi menjadi sebuah restoran yang mempunyai rasa berdasarkan selera masakan Belanda, Indonesia, dan Cina.

Toko Oen berlokasi di Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dan buka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

2. Lunpia Cik Me Me

Lunpia Cik Me Me merupakan salah satu tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Tempat makan ini menjadi wisata kuliner yang patut dikunjungi terutama untuk mencicipi makanan khas Semarang yaitu Lumpia.

Terdapat beragam jenis menu di Lunpia Cik Me Me dan harga setiap menunya cukup ramah di kantong. Lokasi dari tempat ini ada di Jl. Gajahmada No. 107, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dan buka setiap hari pada pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Destinasi Kuliner di Semarang

3. Lekker Paimo

Lekker Paimo merupakan tempat makan yang menyajikan jajanan legendaris era 90an yaitu Lekker. Kue lekker sendiri merupakan kue yang terbuat dari adonan yang mirip dengan adonan crepes atau panekuk tipis.

Untuk mengunjungi Lekker Paimo pengunjung bisa datang ke Jl. Karang Anyar No. 37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

4. Es Pankuk Pak Yono

Es Panekuk Pak Yono merupakan salah satu kuliner legendaris yang berdiri sejak tahun 1950an. Salah satu hal yang membuat tempat ini berbeda dengan tempat lain adalah topping pankuk atau panekuk pada es puter tersebut.

Lokasi Es Panekuk Pak Yono ada di Jl. Tanjung, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dan tempat ini buka setiap hari pada pukul 11.00 hingga 16.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Destinasi Kuliner di Semarang

5. Tahu Gimbal  “Pak Edi”

Tahu Gimbal adalah makanan khas kota Semarang yang cukup legendaris di antara pecinta kuliner. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, kol mentah, lontong, taoge, telur, hingga gimbal yaitu udang yang digoreng dengan tepung.

Sementara itu bumbu dari tahu gimbal biasanya menggunakan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Salah satu tempat tahu gimbal populer di Semarang adalah Tahu Gimbal Pak Edi.

Tempat tersebut sudah berdiri sejak 1982 dan lokasinya ada di Jl. Pandanaran 2 No. 117, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pada pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

6. Nasi Pindang & Soto Sapi Gajah Mada

Nasi Pindang & Soto Sapi Gajah Mada merupakan tempat makan populer di Semarang yang harus dikunjungi. Pasalnya tempat ini sudah berdiri sejak 1987 dan menyajikan makanan nikmat berupa nasi pindang dan soto sapi.

Meskipun tempatnya sederhana tempat makan ini selalu ramai dikunjungi karena sajian khasnya yang menggugah selera. Alamatnya sendiri ada di Jl. MH Thamrin No. 40, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dan buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.