Sukses

Mabuk dan Bikin Keributan di TPS, Warga Bolmong Utara Diciduk Polisi

Menurut keterangan aparat Kepolisian yang menjaga TPS 2, sejak pukul 05.00 Wita, pelaku sudah berteriak–teriak dari jalan masuk Desa Bohabak. Pelaku sempat ditegur oleh Bripka Noldy Mamisala yang sedang jaga TPS, agar jangan membuat keributan.

Liputan6.com, Manado - Wakapolres Bolmong Utara Kompol Syaiful Tammu bersama Pamatwil Bolangitang Timur Iptu Sarlis Alaria dan Ipda Ismail Nani serta petugas keamanan TPS mengamankan seorang pria mabuk di lokasi TPS 2 di Desa Bohabak 3, Kabupaten Bolmong Utara, Sulut, Rabu (14/2/2024).

Pria yang berdomisili di Desa Mokoditek ini diamankan polisi karena diduga sudah mabuk minuman keras dan membuat keributan di TPS Desa Bohabak 3.

"Pria berinisial RM (31) terpaksa kami amankan karena sudah mabuk dan membuat keributan di saat petugas KPPS sedang melaksanakan tugas pemungutan suara di Desa Bohabak 3. Bahkan saat ditegur, pelaku berusaha melawan petugas Kepolisian yang berjaga di TPS," ujar Wakapolres Bolmong Utara.

Menurut keterangan aparat Kepolisian yang menjaga TPS 2, sejak pukul 05.00 Wita, pelaku sudah berteriak–teriak dari jalan masuk Desa Bohabak. Pelaku sempat ditegur oleh Bripka Noldy Mamisala yang sedang jaga TPS, agar jangan membuat keributan.

"Namun sekitar pukul 06.00 Wita, pelaku kembali ke TPS 2 dan beradu mulut dengan KPPS, terkait tempat pelaku untuk mencoblos, sedangkan menurut KPPS, pelaku sudah bukan warga setempat tapi sudah pindah ke Mokoditek," ujar Syaiful Tammu.

Tak terima dengan penjelasan KPPS, pelaku semakin menjadi-jadi, kemudian beradu mulut dan saling dorong dengan petugas keamanan yang akan mengamankannya.

"Petugas keamanan TPS lantas menghubungi Polres Bolmut dan tak lama kemudian pelaku berhasil diamankan, dan dibawa ke Mapolres untuk dimintai keterangan," tuturnya.

Sementara itu, secara umum kondisi kamtibmas di Sulut saat pencoblosan hingga penghitungan suara berjalan aman dan lancar.

Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan didampingi Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Ketua Bawaslu Ardiles Mewoh dan sejumlah pejabat TNI-Polri melakukan patroli pengecekan kegiatan pemungutan suara di wilayah Kota Manado, Tomohon dan Minahasa.

Rombongan sempat menyambangi sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sedang melaksanakan kegiatan pemungutan suara, yaitu TPS 6 Kelurahan Sario Utara, TPS 6 Kakaskasen 1, TPS 10 Kakaskasen 2, TPS 901 (TPS Khusus) Kompleks Kampus Unima di Kabupaten Minahasa.

Kapolda Sulut melalui Kabid Humas Kombes Pol Michael Irwan Thamsil mengatakan, kunjungan tersebut untuk melihat langsung situasi kamtibmas saat proses pemungutan suara berlangsung.

"Patroli kamtibmas dan kunjungan ke beberapa TPS ini untuk memastikan pengamanan berjalan dengan baik dan proses pemungutan suara berjalan dengan tertib dan lancar," ujarnya.

Ia juga berharap dalam momentum pemungutan, penghitungan suara ini agar seluruh warga masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya maisng-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini