Sukses

Sambut Long Weekend, Ini 6 Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bali

Liburan di Bali masih menjadi pilihan menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki momen long weekend atau libur panjang pada Februari 2024 banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur. Misalnya saja mengunjungi daerah wisata populer di Indonesia seperti Bali.

Mengutip dari Surat Keputusan Bersama 3 Menteri, terdapat beberapa tanggal merah yang berdekatan dengan akhir pekan Februari 2024 ini. Di antaranya adalah Kamis, 8 Februari 2024 yang merupakan libur nasional Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. 

Kemudian Jumat, 9 Februari 2024 merupakan libur cuti bersama Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili dan Sabtu, 10 Februari 2024 libur nasional Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Melalui tanggal tersebut masyarakat bisa berlibur beberapa hari untuk menyegarkan mental dan pikirannya.

Bali sendiri menjadi destinasi wisata yang bisa jadi pilihan untuk menikmati libur long weekend tersebut. Bali mempunyai wisata alam yang indah terutama pantainya yang disukai tidak hanya oleh wisatawan lokal tetapi juga mancanegara.

Selain itu, Bali tidak hanya menyajikan keindahan alamnya saja tetapi juga mempunyai kearifan lokal dan budaya yang sangat kaya. Tentunya berlibur ke Bali bisa memberikan pengalaman liburan yang berkesan bagi sebagian orang.

Budaya di Bali yang sangat kental juga bisa membawa kita untuk melihat museum, galeri seni, hingga pertunjukan tari tradisional yang menarik. Bahkan kuliner di Bali juga menyajikan makanan khas yang dapat menggugah selera.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah rekomendasi tempat wisata murah di Bali yang bisa masuk daftar liburan hemat. Perlu diperhatikan harga tiket yang ada dalam artikel ini kemungkinan bisa berubah sehingga disarankan tetap untuk membawa uang lebih untuk berjaga-jaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasinya

1. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran merupakan pantai yang berlokasi di Desa Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini termasuk pantai gratis tanpa tiket masuk dan hanya membayar tiket parkir saja sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Mempunyai nuansa yang sangat indah pantai ini cocok untuk menikmati suasana sunset atau sunrise. Selain itu terdapat sejumlah cafe di pinggir pantai yang menghadap langsung ke arah pantai.

Selain itu terdapat tempat makan yang menyajikan makanan khas Bali terutama makanan seafood yang bisa dinikmati. Mulai dari olahan ikan, lobster, kepiting, udang, kerang, dan lain-lain.

2. Pantai Sindhu

Melansir dari Denpasar Kota Pantai Sindhu adalah pantai yang memberikan pemandangan indah dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai ini mempunyai pasir putih halus yang cantik.

Wisatawan bisa menikmati sajian kuliner yang ada di pinggir pantai hingga melakukan aktivitas seru lainnya seperti berenang, berjemur, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan di pinggir pantai.

Diketahui pada tahun 2023 lalu harga tiket masuk ke Pantai Sindhu gratis dan hanya membayar tarif parkir saja. Di antaranya tarif parkir motor sekitar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Istana Ubud

Istana Ubud merupakan tempat wisata yang bisa membuka wawasan terkait sejarah dan budaya. Berlokasi di Jl. Raya Ubud No.8, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali tempat wisata ini tidak dikenakan biaya tiket masuk dan hanya membayar tarif parkir saja.

Melansir dari salsawisata bagi wisatawan yang ingin melihat pertunjukan tari di Istana Ubud bisa membayar tiket sekitar Rp 100.000 per orang. Tempat wisata ini juga ada di lokasi yang strategis sehingga wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata lainya di Ubud.

4. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran merupakan desa wisata di Bali yang cukup populer akhir-akhir ini dan termasuk desa yang unik dan mempunyai pemandangan indah. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Desa Penglipuran mempunyai wilayah hutan yang luas dengan pemandangan yang asri serta masuk daftar desa terbersih di dunia. Selain itu terdapat kuliner khas yang bisa menggugah selera.

Wisatawan juga akan belajar terkait adat budaya yang ada di desa tersebut sehingga bisa membuka wawasan terkait budaya. Harga tiket masuk untuk pengunjung lokal sendiri sekitar Rp 15.000 dan untuk anak-anak di atas dua tahun sekitar Rp 10.000.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Pantai Pandawa

Mengutip dari Disparda Bali Prov Pantai Pandawa merupakan pantai yang populer di antara masyarakat Indonesia. Mempunyai pasir putih yang indah pantai ini juga menyajikan pemandangan tebing dari batu kapur alami.

Wisatawan juga bisa berfoto di pahatan patung Panca Pandawa yang merupakan ikon populer pantai Pandawa. Sementara itu tiket masuknya sendiri sekitar Rp 8.000 dengan harga tarif parkir sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk mobil.

Selain itu terdapat fasilitas seru yang bisa dilakukan oleh wisatawan mulai dari berkeliling pantai dengan menyewa kapal atau hanya bersantai menikmati pemandangan di pinggir pantai.

6. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan tempat yang sangat populer dan termasuk bangunan suci dan tempat ibadah bagi umat Hindu. Pura ini merupakan salah satu dari Pura Sad Kahyangan, pilar spiritual utama yang ada di Pulau Bali.

Lokasi Pura Uluwatu sendiri ada di Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Melansir dari beberapa sumber harga tiketnya sendiri sekitar Rp 30.000 untuk orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

Wisatawan juga bisa melihat pertunjukan Tari Kecak dan membayar sekitar Rp 150.000 untuk orang dewasa serta Rp 75.000 untuk anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini