Sukses

5 Film Horor Vampir Terbaik yang Jarang Didengar

Pada medio 1960-1990, telah banyak judul yang mengilhami film vampire Dracula karya Bram Stoker, yang dibintangi oleh Gary Oldman sebagai Count eponymous.

Liputan6.com, Yogyakarta - Film horor bertema vampir selalu membuat penasaran penonton. Film dengan pemeran utamanya sebagai iblis penghisap darah itu ternyata sudah diangkat sejak 1922 lewat judul Nosferatu.

Film itu menjadi tonggak penting dalam lahirnya pembuatan film vampir modern seperti yang kita kenal sekarang, misalnya waralaba Twilight, Day Shift, hingga Blood Red Sky.

Pada medio 1960-1990, telah banyak judul yang mengilhami film vampire Dracula karya Bram Stoker, yang dibintangi oleh Gary Oldman sebagai Count eponymous.

Berikut adalah 5 judul film vampire yang tayang sejak 1960 sampai 2000-an.

1. The Blood Spattered Bride (1972)

The Blood Spattered Bride, sebuah film melodrama gotik dengan penceritaan yang luar biasa. Film ini berhasil memadukan aspek psikologis dan fisik atau mimpi tentang darah dan kekerasan.

Film ini dibuat berdasarkan novel karya Sheridan Le Fanu dengan judul yang sama. Kisahnya tentang istri muda Susan (Maribel Martin) setelah dia pindah ke rumah keluarga suaminya. Saat itu, ia mulai melihat hantu dan terus diikuti oleh vampir.

2. The Wisdom Of Crocodiles (1998)

Ada berbagai jenis vampir dalam beragam film horor, mulai dari penghisap darah yang kejam dan tidak manusiawi, memiliki ambisi menghancurkan dunia, hingga yang hanya sekadar penampakan.

The Wisdom of Crocodiles, sebuah kisah yang suram di mana vampir yang penyendiri (Jude Law) menyadari bahwa dia hanya mampu memakan wanita yang telah jatuh cinta padanya.

The Wisdom of Crocodiles melukiskan vampirisme sebagai sebuah kutukan, dan menempatkan fokus utamanya pada korban vampir sebagai pusatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Black Sunday (1960)

4. Black Sunday (1960)

Black Sunday, disutradarai oleh auteur besar Italia Mario Bava. Film ini dibuka dengan kutukan dan pengorbanan. Kisahnya mengikuti seorang penyihir vampir (Barbara Steele) yang kembali dari kematian, misi utamanya adalah balas dendam kepada musuh-musuhnya.

Film ini menampilkan beberapa adegan kekerasan yang didukung oleh penampilan Steele yang menawan. Black Sunday adalah salah satu horor gotik terbaik di eranya.

Meskipun menyaring banyak klise jika dilihat dari sudut pandang modern, kisah cinta Black Sunday yang hancur, penjahat yang tragis, dan melodrama jahat masih terasa mendesak dan meresahkan hingga hari ini.

4. Trouble Every Day (2001)

Sebuah mahakarya menakjubkan dari sutradara Claire Denis. Film Trouble Every Day mengisahkan pasangan yang berbulan madu (Vincent Gallo dan Tricia Vessey). Tanpa diduga keduanya masuk dalam misteri berlumur darah saat tiba di Prancis.

Kisahnya yang mulanya erotis berubah menjadi banyak kekerasan dan misteri. Banyak adegan kekerasan yang tersaji tanpa aba-aba. Trouble Every Day luar biasa dan menyeramkan. Menampilkan karakter utamanya saat mereka menghadapi fiksasi baru, kematian, kanibalisme, dan vampir yang haus darah menyembunyikan banyak rahasia.

5. Dracula: Pages from a Virgin's Diary (2002)

Dracula: Pages from a Virgin's Diary adalah salah satu film vampir paling unik dan menawan yang pernah dibuat. Film ini diadaptasi dari novel klasik karya Bram Stoker. Gambarnya dibuat dalam warna hitam-putih.

Fakta menariknya, film ini dibuat dengan sedikit anggaran dan hampir sepenuhnya sunyi, tetapi sangat horor. Film ini bercerita tentang Drakula penyendiri (Zhang Wei-Quang) yang memangsa wanita muda dan kemudian diburu karena tindakannya.

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini