Sukses

Perjalanan Karier Aminah Cendrakasih, Mak Nyak yang Tampil di Google Doodle Hari Ini

Mak Nyak memulai kariernya pada 1955, tepat setelah lulus dari Sekolah Kepandaian Putri Magelang. Saat itu, ia menjadi model.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemeran Mak Nyak di serial Si Doel Anak Sekolahan, Aminah Cendrakasih, menjadi Google Doodle hari ini. Penayangan ilustrasi tersebut merupakan bentuk Google dalam mengenang ulang tahun mendiang Mak Nyak yang ke-86 tahun.

"Doodle hari ini merayakan aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer paling produktif dan populer di Asia Tenggara pada masanya," tulis Google Doodle.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, 29 Januari 1938. Lahir dengan nama Siti Aminah Tjendrakasih, ia kemudian tumbuh menjadi aktris senior di dunia perfilman Indonesia.

Mak Nyak memulai kariernya pada 1955, tepat setelah lulus dari Sekolah Kepandaian Putri Magelang. Saat itu, ia menjadi model.

Pada tahun yang sama, ia memulai penampilan debutnya di dunia akting melalui film Oh, Ibuku. Pada tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya Wolly Sutinah di Gambang dari Semarang dan mendapatkan peran utama pertamanya dalam Ibu dan Putri.

Pada 1956, ia membintangi film Serampang 12 dan dilanjutkan oleh film Asrama Dara pada 1958. Aminah Cendrakasih juga sempat membintangi film legendaris Habis Gelap Terbitlah Terang yang tayang pada 1959. Pada tahun yang sama, ia menikah dengan Idris Permana.

Sepanjang kariernya, Aminah telah membintangi lebih dari 100 judul film dan serial. Salah satu serial yang berhasil melambungkan namanya adalah sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Sinetron yang disutradarai Rano Karno itu populer di era 1990-an. Karakternya yang akrab disapa Mak Nyak pun menjadi sangat melekat pada dirinya hingga sekarang. Penampilannya yang mengharukan memenangkan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berakting Meski Tengah Sakit

Adapun masa tua Aminah dilalui dengan berjuang melawan penyakit glukoma. Penyakit yang dideritanya selama 13 tahun ini menyebabkan kebutaan pada kedua matanya.

Aminah juga mengalami kesulitan ekonomi di masa tuanya. Kemudian, di tengah perjuangannya itu, ia kembali berakting dalam film Si Doel The Movie (2018) meski tak bisa membaca naskah.

Aminah masih memerankan karakter Mak Nyak dalam judul ini. Bedanya, ia berakting dalam kondisi berbaring.

Pada 21 Desember 2022 malam, Aminah Cendrakasih meninggal dunia di rumah dukanya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Ia meninggal dunia di usia 84 tahun.
Aminah Cendrakasih dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta, pada 22 Desember 2022. Kawan-kawan artis pun ikut mengantar Mak Nyak ke peristirahatan terakhir, termasuk para fans dan pemain Si Doel Anak Sekolahan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini