Sukses

Ternyata Ini Pemicu Curah Hujan Tinggi di Sulut

Candra mengatakan, saat ini wilayah Sulut telah memasuki puncak musim hujan yang diindikasikan dengan peningkatan curah hujan yang signifikan.

Liputan6.com, Manado - Curah hujan di Sulut dalam beberapa pekan terkahir ini tegolong tinggi. BMKG menyebut, pergerakan Monsun Asia dan siklon tropis 99S di belahan bumi selatan ikut mempengaruhi curah hujan di wilayah Sulut.

"Dilihat dari kondisi dinamika atmosfer, saat ini terjadi pergerakan angin monsun Asia yang lagi dominan,” ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Candra Buana, Selasa (23/1/2024).

Dia mengatakan, kemudian ditambah adanya siklon tropis 99S di belahan bumi selatan menyebabkan adanya pertemuan udara di Indonesia bagian tengah hingga ke selatan termasuk wilayah Sulut.

“Akibat adanya pertemuan angin tersebut dapat menyebabkan peningkatan curah hujan di wilayah provinsi Sulut,” ujarnya.

Candra mengatakan, saat ini wilayah Sulut telah memasuki puncak musim hujan yang diindikasikan dengan peningkatan curah hujan yang signifikan.

Bahkan, hujan yang mengguyur wilayah Sulut dikategorikan hujan sangat lebat, semisal di Stasiun Klimatologi Manado, curah hujan tercatat sebesar 121, 4 milimeter per hari. Begitupun di Stasiun Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, curah hujan mencapai 102 milimeter. 

"Jadi dikategorikan hujan ekstrem yaitu curah hujannya di atas 150 milimeter, sementara di atas 100 milimeter dikategorikan sebagai hujan sangat lebat," katanya.

Terkait kondisi itu, dia berharap warga berhati-hati saat kondisi curah hujan ekstrem karena dapat menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi. Waspadai potensi bencana banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang terutama warga yang bermukim di wilayah-wilayah tebing bahkan di daerah-daerah bantaran sungai.

“Kami juga berharap warga memperhatikan kebersihan drainase agar tidak tersumbat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini