Sukses

Mengenal Labu Siam, Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan

Labu siam dikenal sebagai sayuran yang bisa diolah dalam berbagai jenis makanan. Sementara itu, labu siam juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Bandung - Labu siam merupakan salah satu sayuran yang tidak asing dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, makanan ini sering digunakan sebagai menu makanan sehari-hari beberapa masyarakat.

Meskipun mempunyai penampilan yang sederhana dengan harga yang murah dan dapat ditemukan di pasar. Labu siam juga mempunyai segudang manfaat dan nutrisi luar biasa bagi kesehatan.

Sebagai informasi labu siam sendiri merupakan tanaman subtropis yang umumnya dikonsumsi dan diolah menjadi sayur. Labu siam mempunyai bentuk yang mirip dengan buah pir namun kulit labu siam umumnya berwarna hijau.

Labu siam juga memiliki duri kecil pada kulitnya dan pada kulit lainnya memiliki kulit yang lebih halus. Tekstur dari daging labu siam biasanya renyah dan berair seperti tekstur dari buah apel.

Biji labu sia juga biasanya keras dan bisa dimasak bersamaan dengan daging labu siam tersebut. Secara rasa, labu siam mempunyai rasa yang netral sehingga bisa diolah dalam berbagai hidangan.

Labu siam juga cenderung bisa menyerap rasa dari bumbu serta saus yang digunakan ketika memasak. Bahkan, labu siam juga bisa dimasak dengan berbagai cara mulai dari dikukus, direbus, ditumis, atau menjadi bahan pelengkap dalam makanan lain misalnya sup dan lain-lain.

Melansir dari Umsu.ac.id labu siam mempunyai banyak kandungan nutrisi yang lengkap untuk tubuh. Di antaranya adalah mengandung serat, mengandung zat-zat seperti bin, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, albuminoid, dan kaya akan kalsium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Melansir dari Umsu.ac.id berikut ini adalah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan:

1. Baik untuk Ibu Hamil

Labu siam menjadi sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan folat yang ada di dalamnya mendukung perkembangan janin selama kehamilan. Kandungan folat juga dikenal sebagai kandungan yang mencegah cacat pada janin dan memberikan nutrisi penting untuk kesehatan ibu serta sang bayi.

2. Mengontrol Gula Darah

Labu siam mempunyai kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi. Labu siam bisa membantu tubuh untuk mengatur penyerapan gula dalam darah terutama bermanfaat untuk penderita diabetes.

3. Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam labu siam bisa membantu tubuh terlindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga bisa mempertahankan kesehatan sel-sel tubuh dan mencegah timbulnya penyakit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Berikutnya

4. Menekan Risiko Kanker

Seperti dijelaskan sebelumnya kandungan antioksidan bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Sehingga bisa membantu dalam mengurangi risiko kanker pada tubuh dan kandungan seratnya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Nutrisi dalam labu siam khususnya kandungan potasium bisa memperbaiki kesehatan jantung dalam tubuh. Pasalnya, potasium bisa membantu untuk mengontrol tekanan darah, menjaga fungsi jantung, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

6. Menjaga Fungsi Hati

Labu siam mempunyai nutrisi yang bisa mendukung dalam menjaga kesehatan fungsi hati. Dengan menjaga kesehatan hati tentunya bisa menjaga keberlangsungan proses detoksifikasi dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Berikutnya

7. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah membuat labu siam sebagai menu makanan yang cocok dikonsumsi ketika menjalani diet. Selain itu kandungan serat pada makanan bisa membantu mengurangi nafsu makan dan mendukung seseorang yang tengah menjalani penurunan berat badan.

8. Memperlambat Tanda Penuaan

Meskipun termasuk pada sayuran sederhana dan murah labu siam mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Sementara itu kandungan antioksidan dapat membantu tubuh dalam melawan tanda-tanda penuaan.

Antioksidan bisa membantu tubuh melindungi sel-sel kulit dari kerusakan serta menjaga elastisitas kulitnya. Maka dari itu, labu siam bisa dimanfaatkan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.