Sukses

Taman Laut Olele, Surga Tersembunyi di Teluk Tomini Sulawesi

Selain itu, Taman Laut Olele juga memiliki hamparan pasir putih yang indah. Meski lokasinya dekat dengan permukiman warga, tetapi destinasi wisata ini tetap terjaga kebersihannya. Perairannya pun tetap terjaga, jernih, dan bersih.

Liputan6.com, Gorontalo - Taman Laut Olele berada di Teluk Tomini, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Taman ini menyajikan keindahan terumbu karang yang sehat serta berbagai jenis ikan dan biota laut.

Mengutip dari indonesia.go.id, Taman Laut Olele juga dijuluki sebagai the hidden paradise in Sulawesi atau surga tersembunyi di Sulawesi. Pada 2005, pemerintah menyematkan lokasi ini sebagai salah satu destinasi kawasan wisata.

Taman laut ini menawarkan keindahan terumbu karang yang sehat. Terdapat berbagai jenis ikan dan biota laut yang bisa dinikmati dengan snorkeling atau menyelam di tempayt wisata Gorontalo ini.

Selain itu, Taman Laut Olele juga memiliki hamparan pasir putih yang indah. Meski lokasinya dekat dengan permukiman warga, tetapi destinasi wisata ini tetap terjaga kebersihannya. Perairannya pun tetap terjaga, jernih, dan bersih.

Kondisi air yang bagus ini juga membuat terumbu karang terjaga dengan baik. Uniknya, karang tersebut memiliki warna-warna yang sangat cantik dan indah dengan bentuk beragam.

Taman Laut Olele sangat cocok dijadikan lokasi wisata sekaligus healing. Para wisatawan bisa melakukan snorkeling karena airnya cukup tenang. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di sebuah teluk, yaitu Teluk Tomini.

Selain snorkeling, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya, seperti diving atau menyelam. Banyak titik menyelam yang ciamik dengan berbagai karakteristik berbeda.

Taman Laut Olele juga terdapat sponge coral endemik yang tidak dapat ditemukan di perairan manapun. Keberadaannya bahkan dicari-cari oleh para penyelam dari mancanegara.

Taman Laut Olele menambah keindahan destinasi wisata laut Indonesia. Destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan wisata selain Raja Ampat di Papua Barat Daya, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, atau Taman Laut Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini