Sukses

Nasi Kapau, Kuliner Khas Bukittinggi Cocok Dinikmati di Malam Tahun Baru

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, perempuan di Desa Kapau berjualan nasi dengan berbagai macam lauk pauknya

Liputan6.com, Jakarta Bukittinggi merupakan sebuah kota indah di Sumatera Barat yang memiliki ragam kekayaan kuliner tradisionalnya. Salah satu hidangan yang patut dicoba adalah Nasi Kapau, hidangan lezat yang memikat lidah para penikmat kuliner.

Asal muasal nasi Kapau, atau biasa disebut kuliner ini, berawal dari migrasi banyak laki-laki dari Desa Kapau. Oleh karena itu, pada zaman dahulu masyarakat Minangkabau terkenal dengan filosofi pengembaraannya.

Ternyata kebiasaan migrasi ini dimulai pada masa penjajahan Belanda. Oleh karena itu pemerintah Belanda ingin mengusir laki-laki dari desa Kapau Bukittinggi untuk meredam pemberontakan.

Ketika para laki-laki meninggalkan desa Kapau, yang tersisa hanyalah perempuan dan anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, perempuan di Desa Kapau berjualan nasi dengan berbagai macam lauk pauknya.

Di sinilah beras Kapau mulai diciptakan. Nasi Kapau dikenal dengan lauk pauknya yang beragam, seperti rendang, gulai ayam, dendeng batokok, balado udang, dan banyak lagi.

Setiap lauk pauk memiliki rasa khas yang dihasilkan dari bumbu rempah-rempah yang melimpah. Dibumbui dengan rempah-rempah seperti serai, daun salam, dan kunyit, Nasi Kapau tidak hanya memanjakan lidah tapi juga menggoda penciuman dengan aroma yang khas dan menggugah selera.

Para penjual Nasi Kapau di Bukittinggi masih mempertahankan tradisi memasak menggunakan metode tradisional, seperti memasak rendang dengan api kecil dan lambat, sehingga diperoleh keempukan daging yang sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Identitas Kuliner

Meskipun Nasi Kapau sering dihidangkan di warung-warung sederhana, rasanya bisa bersaing dengan restoran berkelas. Ini menunjukkan bahwa kelezatan Nasi Kapau lebih mengandalkan keahlian dalam memasak dan pemilihan bahan baku yang berkualitas.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi, mencicipi Nasi Kapau adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa tempat terkenal yang menyajikan hidangan ini antara lain Warung Nasi Kapau Mak Syukur dan Nasi Kapau Imam Bonjol.

Nasi Kapau, dengan kekayaan rasa dan tradisi yang terkandung di dalamnya, tidak hanya sekadar hidangan sehari-hari. Tetapi merupakan bagian dari kebudayaan dan identitas kuliner yang patut dibanggakan oleh masyarakat Bukittinggi.

Sebuah sajian yang memanjakan lidah dan memperkaya pengalaman kuliner kita.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.