Sukses

Aunu Senebre, Kuliner Gurih dan Kaya Manfaat Khas Papua

Meski jarang terdengar namanya, sebenarnya makanan ini sangat mudah ditemukan di daerah asalnya. Aunu senebre bisa ditemukan di seluruh sudut Papua.

Liputan6.com, Papua - Aunu Senebre adalah salah satu kuliner Papua. Kuliner ini menggunakan teri nasi sebagai bahan dasar. Masyarakat Papua mengolah teri nasi tersebut dengan parutan kelapa serta daun dan batang talas. Memiliki cita rasa gurih, aunu senebre sangat cocok disantap dengan papeda atau jenis umbi-umbian lain.

Mengutip dari berbagai sumber, aunu senebre sekaligus menjadi salah satu kuliner populer dari Papua. Pada 2017, aunu senebre menjadi nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II, yakni kategori Makanan Tradisional Terpopuler.

Meski jarang terdengar namanya, sebenarnya makanan ini sangat mudah ditemukan di daerah asalnya. Aunu senebre bisa ditemukan di seluruh sudut Papua.

Bagi pencinta kuliner, sajian ini bakal menjadi salah satu santapan yang wajib diburu saat berlibur ke Papua. Sebagai makanan khas, tentu sajian ini tidak akan bisa ditemukan di tempat lain.

Untuk membuat aunu senebre, ikan teri nasi digoreng terlebih dahulu. Kemudian, ikan tersebut dicampur dengan parutan kelapa dan irisan daun talas.

Saat semua bahan telah tercampur, selanjutnya adalah proses pengukusan. Tekstur makanan ini sedikit basah dengan aroma wangi khas daun talas.

Meski terlihat sederhana, sajian ini terkenal lezat. Selain lezat, aunu senebre juga dikenal memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat yang terkandung di dalam kuliner ini adalah lemak baik omega 3 yang baik untuk otak. Tak heran, jika makanan ini banyak diburu dan masih terus dilestarikan hingga kini.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini