Sukses

Menyambangi Museum Horor Indonesia di Malioboro

Malioboro Yogyakarta masih menjadi destinasi wisata favorit saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengunjung Malioboro bisa mampir untuk melihat wisata edukasi Museum Horor Indonesia di Ramayana Malioboro saat libur Natal dan Tahun Baru 2024. Mukhammad Washar Wasesa Hobikoe Kolektor Barang Antik mengatakan ada ribuan barang unik, antik dan langka yang dapat ditemui di Museum Horor Indonesia.

"Ya unik antik dan langka karena ada berbagai koleksi yang jarang ditemui seperti celana dalam emas hingga Alquran tahun 1700 an ada disini," katanya di Ramayana Malioboro, Kamis 21 Desember 2023.

Wasesa mengatakan Museum Horor Indonesia ini kerjasama antara Hobikoe Yogyakarta dan Bejo Production menampilkan koleksi pribadi mulai aneka perabot rumah tangga, seperti meja, kursi, lemari, benda elektronik kuno, dokumen sejarah dari kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia, lukisan kuno, motor antik dan benda Sejarah yang asli. Acara ini digelar mulai tanggal 21 Desember 2023 sampai 4 Februari 2024 dengan harge tiket masuk Rp. 25.000,.

"Celana dalam emas itu sebutannya Badong atau alat pelindung kemaluan wanita. Saat para ksatria atau raja pergi berperang itu mereka meninggalkan istrinya sehingga diberi itu agar tidak selingkuh. Ada peninggalan kerajaan di masa 800 hingga 1.500 sebelum masehi. Ada koleksi dari China, eropa hingga nusantara ini," katanya.

Musri Bejo Bejo Production dari RHI (Rumah Hantu Indonesia) mengatakan Wisata Edukasi Museum Horor Indonesia di Ramayana Malioboro ini merupakan hiburan alternatif pertama dan terbesar di Indonesia dengan konsep kreatif dan berbeda dari pameran sebelumnya. Pameran berupa konsep museum akan memamerkan berbagai benda koleksi pribadi yang jarang ditemui.

" Mengisi liburan panjang sekolah dan mengisi agenda hiburan bagi masyarakat tahun 2023 di Yogyakarta. Pengunjung dapat berinteraksi dengan talent yang memerankan beberapa tokoh mistis yang menjadi legenda di tanah air dengan adanya Horror Chamber (ruang horror) seperti ada kamar tidur Nyai Roro Kidul, kamar kunti, dll," katanya.

Ia mengatakan ada banyak spot foto yang membuat pengunjung dapat mengekspresikan diri dan berbagai gaya dengan koleksi benda dan barang-barang langka dan nuansa yang menarik. Museum Horor Indonesia akan dibuka setiap hari,untuk hari senin sampai Jumat dibuka jam 14.00 – 22.00 WIB dan hari Sabtu dan Minggu dibuka jam 13.00 – 22.00 WIB.

"Museum Horor Indonesia dilengkapi dengan CCTV di seluruh sudutnya sehingga semua kegiatan pengunjung mudah dipantau untuk menghindari kehilangan dan kenyamanan pengunjung," katanya.

Ia berpesan kepada para pengunjung yang ingin menikmati wahana Museum Horor Indonesia Malioboro, harus mentaati peraturan ketat yang diterapkan panitia, seperti tidak boleh menyentuh barang Museum, tidak diperbolehkan menggunakan lampu / flash untuk dokumentasi foto, tidak diperbolehkan membawa dan makan minum, dilarang membawa binatang peliharaan dan satu lagi, dilarang masuk bagi yang pengunjung yang memiliki riwayat berpenyakit jantung, epilepsy, asma, ibu hamil, balita dan manula.

 "Bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung disarankan tidak mengakses museum ini," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini