Sukses

Puncak Arus Libur Natal dan Tahun Baru 2024 di Tol Cipali Diprediksi 23 Desember 2023

Volume kendaraan yang melintas di Tol Cipali selama arus libur Natal dan Tahun Baru 2024 diperkirakan sebanyak 1,6 juta kendaraan.

Liputan6.com, Subang - ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali), telah melakukan serangkaian persiapan cukup maksimal guna menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Mengingat, Mengingat, di momentum tersebut arus lalu lintas di ruas tol trans Jawa itu diprediksi mengalami peningkatan.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Daisy Setiawan menuturkan, pihaknya memprediksi akan ada peningkatan arus lalulintas sekitar 8 persen di jalur bebas hambatan trans-Jawa ini pada saat libur Natal dan Tahun Baru nanti jika dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Sedangkan, volume kendaraan yang melintas di Tol Cipali diperkirakan sebanyak 1,6 juta kendaraan selama arus Natal dan Tahun Baru. Jumlah tersebut, mengalami peningkatan trafik di sekitar 46 persen jika dibandingkan dengan laluintas harian.

"Untuk puncak arus lalu lintas libur Natal kami memprediksi terjadi di tanggal 23 Desember 2023 dengan jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 97.000 kendaraan. Sedangkan, untuk puncak libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2024 dengan total kendaraan yang melintas sebesar 101 ribu kendaraan," ujar Daisy dalam keterangannya, di Kabupaten Subang, Kamis (21/12/2023).

Saat ini, lanjut dia, jajarannya telah melakukan persiapan yang menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol. Baik itu dari sisi optimalisasi layanan operasional maupun infrastrukturnya. Untuk fasilitas keamanan, jajarannya juga telah menambah 4.000 rubber cone untuk pelaksanaan rekayasa lalu lintas berupa contra flow.

"Kami juga menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contra flow di dua titik yakni KM 83 sampai dengan KM 87 dan juga di KM 152 sampai dengan KM 169 selama periode nataru nanti. Ini sebagai upaya mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas di Tol Cipali khususnya pada pertemuan arus lalu lintas dari Cisumdawu. Namun tentunya contra flow ini sifatnya masih situasional dengan mengikuti kondisi di lapangan," tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Rest Area

Daisy menambahkan, pada puncak arus natal dan tahun baru ASTRA Tol Cipali mengimbau para pengguna jalan untuk dapat memaksimalkan keberadaan rest area maksimal selama 1 jam. Pihaknya juga telah menambah berbagai fasilitas di rest area demi meningkatkan kenyamanan pengguna jalan. Di antaranya, dengan penambahan toilet.

"Kami tambah fasilitas toilet di rest area KM 86 arah Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir, KM 130 arah Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir sedangkan di rest area 130 arah Jakarta dengan penambahan 32 bilik toilet. Serta penambahan 7 toilet portable diseluruh rest area tipe B," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.