Sukses

Seribu Cerita 16 Tahun Komunitas Yogyakarta Corolla DX Community 

Komunitas Yogyakarta Corolla DX Community telah mencapai umur ke 16 Tahun. Umur yang tidak sedikit, seperti apa sih cerita komunitas ini?

Liputan6.com, Yogyakarta - Banyaknya jumlah komunitas di Yogyakarta membuatnya dapat disebut juga sebagai kota komunitas. Salah satunya  komunitas Yogyakarta Corolla DX Community (YCDXC). Annas Yanuar Founder Komunitas Yogyakarta Corolla DX Community menceritakan jika komunitasnya ini terbentuk pada 5 Oktober tahun 2007 lalu.

"Dulu saya menulis surat pembaca di KR (kedaulatan rakyat) waktu itu ada nomor telepon rumah.  Ada yang telepon, pak saya mau daftar, lalu kita bilang, wong saya mau mendirikan kok daftar, ayo bareng bareng," katanya kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Annas mengatakan setelah banyak orang yang menghubunginya maka diputuskan untuk bertemu dan berkumpul. Setelah berkumpul dan berembuk sebanyak 30 orang akhirnya sepakat untuk membuat komunitas Yogyakarta Corolla DX Community. 

"Ya di sini (di rumahnya) , karena saya pencetusnya ya saya jadi ketua waktu itu," katanya.

Annas mengatakan setelah terbentuk maka pada tahun 2008 ia resmi melegalkan organisasi ini dengan akta notaris. Cara melegalkan inilah yang menjadi contoh bagi komunitas lainnya bahkan rekrutmen anggota.

"Cara rekrutmen dicontoh seluruh temen temen (DX) di Indonesia, ya kita sesepuh lah, yang membedakan ya seumuran itu kita berguru juga ke VW dia sudah ultah ke 60-an jadi VW panutan juga dan variannya banyak," katanya.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Touring 3 Negara

Annas mengatakan anggota komunitas Yogyakarta Corolla DX Community tahun ini sudah mencapai ratusan. Jumlah ini berdasarkan dari ID anggota YCDXC yang tercatat  hingga saat ini.

" 219-230 itu berdasar id nya yang touring paling ya 50 mobil, karena ya ada yang meninggal, pindah, dijual. Jadi pengguna Yogya sekarang sekitar itulah," katanya.

Annas mengatakan anggota komunitasnya bisa bertambah lagi jika ada yang mendaftar sebagai anggota baru.

"Dulu (kumpulnya) minggu pagi di Jakal dekat UGM, lalu ada yang nyangkut dan mau daftar," katanya.

Menurutnya keuntungan menjadi anggota Yogyakarta Corolla DX Community  adalah ajang silaturahmi dan ajang tukar pikiran seputar mobil DX.

"Semangat ini untuk anak anggota baru. Jogja ada artis ganteng-ganteng serigala dia ikut YCDXC dia pembalap rally pakai DX. Kan DX penggerak roda belakang jadi kalau slalom pasti menang," katanya.

Selain itu menurut Annas dengan mobil sedan ini ia memiliki ribuan cerita dan ikatan dengan saudara DX di berbagai nusantara. Menurut Annas mobil DX ini termasuk tangguh di jalanan hingga saat ini sehingga tidak rugi mengikuti komunitas Yogyakarta Corolla DX Commnunity. 

"Sampai 4 ribu KM, itu PP 9 hari pada gatnas kemarin artinya DX itu tangguh. Kita pernah ke Malaysia Brunei. Itu  17 Agustus 2019. DX touring tiga negara Malaysia Brunei Indonesia. Malaysia dulu bertemu teman-teman di Malaysia baru ke Brunei, itu sebulan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.