Sukses

Bawaslu Sumut Komitmen Junjung Tinggi Integritas hingga Profesionalitas dalam Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) berkomitmen menjunjung tinggi integritas hingga profesionalitas selama penyelenggaraan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Liputan6.com, Medan Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) berkomitmen menjunjung tinggi integritas hingga profesionalitas selama penyelenggaraan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Komitmen itu disampaikan saat Apel Siaga Pengawasan dan Deklarasi Kampanye Damai untuk Pemilu 2024 di Istana Maimun, Kota Medan, Rabu (29/11/2023).

"Fokus utama Bawaslu dalam Pemilu menjalankan tugas secara profesional, menjunjung tinggi integritas, dan patuh pada peraturan yang berlaku," kata Ketua Komisioner Bawaslu Sumut, M Aswin Depari Lubis.

Ditegaskan Aswin, pihaknya juga memastikan semua pihak yang terlibat dalam Pemilu melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai undang-undang maupun peraturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu.

"Kita juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara atau ASN Non TNI dan Polri agar bersikap netral. Kita berkoordinasi dengan stakeholder," tegasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Ada Pelanggaran

Aswin memastikan tidak ada pelanggaran Pemilu hingga hari kedua kampanye, baik dari anggota partai atau calon legislatif.

"Belum ditemukan adanya pelanggaran," ungkap Aswin.

Kegiatan penandatanganan deklarasi kampanye damai dan pawai oleh seluruh perwakilan anggota Bawaslu dari setiap kabupaten dengan rute Istana Maimun-Lapangan Merdeka, dan kembali lagi ke Istana Maimun.

Sebanyak 500 peserta hadir dalam acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Polda Sumut Siapkan Personel Terlatih

Terpisah, Polda Sumut menyiapkan personel terlatih untuk mengamankan Pemilu 2024 dalam menciptakan situasi Kamtibmas tetap aman dan damai.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Personel terlatih yang diturunkan 5.930 orang, sedangkan sarana prasarana pengamanan Pemilu diantaranya K9, Jibom, Bus Command and Monitoring yang dikendalikan dari Command Center Operasi Mantap Brata Polda Sumut.

"Langkah ini sebagai upaya dan komitmen Polda Sumut beserta jajaran dalam mengamankan Pemilu 2024, sehingga berjalan aman dan nyaman," ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Operasi Mantap Brata Toba

Pengamanan Pemilu 2024 yang dilakukan Polda Sumut dalam Operasi Mantap Brata Toba 2023 selama 222 hari, mulai 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024.

"Polda Sumut juga menyiapkan dua tim pengamanan untuk Capres dan Cawapres pada masa kampanye di Sumut. Dimana satu tim diisi sebanyak 27 personel," Hadi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini