Sukses

Rintis Karier Sejak Belia, Ini 4 Film dan Serial yang Disutradarai Umay Shahab

Ia dikenal dengan gaya penyutradaraan yang segar dan modern, serta kemampuannya untuk menangkap emosi para karakternya. Berikut beberapa film dan serial Umay Shahab sebagai seorang sutradara.

Liputan6.com, Yogyakarta - Umay Shahab adalah seorang sutradara, produser, penulis naskah, penyanyi, dan presenter Indonesia kelahiran 16 Februari 2001. Ia memulai kariernya di industri hiburan sebagai aktor cilik pada 2009.

Dikutip dari berbagai sumber, Umay mulai merambah dunia penyutradaraan dengan film perdananya, Cinta di Balik Awan pada 2016. Film-film garapan Umay Shahab umumnya mengangkat kisah remaja dan cinta.

Ia dikenal dengan gaya penyutradaraan yang segar dan modern, serta kemampuannya untuk menangkap emosi para karakternya. Berikut beberapa film dan serial Umay Shahab sebagai seorang sutradara.

1. Cinta di Balik Awan (2016)

Cinta di Balik Awan menjadi film perdana Umay Shahab debut sebagai sutradara. Tidak hanya itu, ia ikut andil dalam penulisan naskah karyanya ini.

Cinta di Balik Awan digarap dengan format film pendek yang terdiri dari tiga bagian dan tayang di YouTube. Tiap bagian film pendek ini berfokus pada kisah cinta karakter yang berbeda.

Pada bagian pertama, film ini menyorot kisah cinta Agatha Pricilla dan Arbani Yasiz. Bagian kedua mengulik tali asmara Sivia Azizah dan Rayn Wijaya.

Sementara, bagian ketiga menggaet Febby Rastanty dan Rizky Nazar sebagai pemeran utamanya. Dikemas dalam genre drama romantis, film pendek garapan Umay ini membuat penonton hanyut dalam perasaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kukira Kau Rumah (2022)

2. Kukira Kau Rumah (2022)

Kukira Kau Rumah menjadi karya debut Umay Shahab sebagai sutradara film panjang. Film ini perdana ditayangkan di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2021 pada 28 November 2021.

Bergenre drama dan psikologi, film ini diminati kalangan anak muda. Film ini berhasil mengantongi 2,2 juta penonton bioskop.

Bahkan, Kukira Kau Rumah menjadi film terlaris kedua pada 2022, tepat setelah film KKN di Desa Penari. Selain menggemparkan penikmat film tanah air, film ini juga ditayangkan di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

3. Hari Ini Kenapa, Naira? (2021)

Drama romantis yang dikemas dalam format series bertajuk Hari Ini Kenapa, Naira? tersebut merupakan salah satu hasil penyutradaraan Umay Shahab. Series ini bahkan trending di berbagai media sosial dengan tagar #PatahHatiPalingSengaja yang digemborkan.

Hari Ini Kenapa, Naira? mampu memecahkan rekor sebagai serial dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang 2021 di TrueID. Ceritanya terinspirasi dari lagu Tak Bisa Bersama yang dinyanyikan Vidi Aldiano dan Prilly Latuconsina.

Lagu tersebut terpilih menjadi lagu tema yang siap membuat penonton semakin galau.

 

3 dari 3 halaman

Ketika Berhenti di Sini (2023)

4. Ketika Berhenti di Sini (2023)

Film Ketika Berhenti di Sini merupakan film drama yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Bryan Domani. Film ini digarap oleh sutradara Umay Shahab.

Film ini mengisahkan hidup Anindita Semesta (Prilly Latuconsina), seorang desainer grafis. Suatu kali, ia tak sengaja bertemu dengan seorang arsitek bernama Edison Kartasasmita (Bryan Domani).

Meski dimulai dengan banyak kesalahpahaman, pertemuan Anindita dan Edison justru kemudian berlangsung hangat. Mereka pun memulai kisah cinta bersama.

Hubungan romantis mereka berlangsung selama bertahun-tahun. Keduanya menyadari bahwa mereka berdua satu frekuensi dan saling mengisi.

Memasuki tahun keempat, baik Dita maupun Ed tengah berjuang untuk menggapai mimpi-mimpi mereka. Dita masih berada di tengah kesibukan sebagai seorang desainer, sementara Ed justru mapan dan berhasil membangun perusahaan arsitek miliknya pribadi.

Saat berkendara, mendadak Ed menerima telepon Dita dan berujung kepada pertengkaran. Nasib pun berkata lain, Ed mengalami kecelakaan dan meninggal dunia di tengah pertengkaran tersebut.

Selama bertahun-tahun, Dita terus dibayangi rasa bersalah dan kesedihan mendalam akibat kepergian Ed. Namun dua tahun setelah itu, Ifan Randuwana (Refal Hady) yang merupakan sahabat kecil Dita, menjadi pendamping hidupnya dan bersama-sama mencari kebahagiaan baru.

Ifan sudah menyukai Dita sejak masa SMA dan berusaha mengobati luka masa lalunya. Ketika Dita mulai menerima kenyataan, sebuah kejutan justru datang dari masa lalu Ed.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini