Sukses

Mengenal Ragam Kain Tradisional Negara di Dunia pada Hari Batik Nasional

Berikut adalah kain tradisional negara di dunia yang ikonis.

Liputan6.com, Yogyakarta - Batik adalah kain khas Indonesia. Tidak hanya Indonesia, negara-negara di dunia juga memiliki kain tradisionalnya masing-masing.

Kain sebagai produk budaya dan seni sebuah bangsa merepresentasikan tradisi dan sejarah negara. Berikut adalah kain tradisional negara di dunia yang ikonis.

1. Sari (India)

Sari adalah kain tradisional India yang mempesona. Terbuat dari selembar kain panjang yang diatur dengan indah, sari tersedia dalam berbagai warna, desain, dan jenis bahan. Setiap wilayah di India memiliki gaya sari yang unik.

2. Kente (Ghana)

Kente adalah kain tenunan tangan yang berasal dari Ghana. Kain ini terkenal karena warna-warna cerahnya dan motif geometris yang rumit. Setiap motif dan warna pada kente memiliki makna budaya yang mendalam.

3. Tartan (Skotlandia):

Tartan adalah kain kotak-kotak berwarna-warni yang sangat terkait dengan Skotlandia. Setiap klan Skotlandia memiliki tartannya sendiri, dan kain ini sering digunakan untuk membuat kilt, pakaian tradisional Skotlandia.

4. Kanga (Afrika Timur):

Kanga adalah kain khas Afrika Timur yang sering digunakan sebagai kain sarung atau kain penutup tubuh. Kanga sering memiliki pesan atau kata-kata yang ditenun di dalamnya, yang dapat memiliki makna sosial atau emosional.

5. Alpaca Textiles (Peru)

Peru dikenal karena tekstil alpaca berkualitas tinggi. Kain alpaca memiliki tekstur lembut dan mewah, dengan berbagai pola dan warna yang mencerminkan budaya Andes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.