Sukses

Tim Softball Jepang Kalahkan Sulawesi Tenggara di Final Makassar Open, Hasil di Luar Target

Tim softball Lakindede Sulawesi Tenggara berhasil merebut posisi kedua pada laga makassar Open 2023, tim asal kota kendari ini dikalahkan Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Tim softball putri asal Jepang menaklukkan tim Sulawesi Tenggara di Softball Makassar Open 2023. Tim Lakidende Sulawesi Tenggara takluk dengan skor 5-1.

Tim Lakidende memberikan perlawanan sengit pada laga final. Meskipun menghadapi tim tangguh, Lakidende mampu menahan Jepang hingga tak ada home run tercipta pada laga final.

Home Run merupakan, pukulan keras tim lawan yang jaraknya melampaui garis luar lapangan (Out Field). Tim lawan bisa memperoleh 4 poin sekaligus jika berhasil mencetak satu home run.

Event Makassar Open, diketahui merupakan kejuaraan tahunan softball asia pasifik. Laga Final yang digelar Minggu (24/9/2023), sebanyak 5 negara ikut mengirimkan klub berlaga di kejuaraan ini. Ketiganya yakni, Australia, Selandia Baru, Malaysia Filipina dan Jepang.

Australia, mengirimkan klub Stinger, salah satu klub wanita terbaik di negeri kanguru itu. Jepang mengirimkan klub universitas terbaik yang bakal mewakili mahasiswa asia di Kejuaraan dunia World's Women Softbal Championship.

Selain itu, Selandia Baru mengirimkan klub Miramar. Negara ini, kerap mengikuti berbagai kejuaraan softball Indonesia. Filipina, tidak ketinggalan, juga mengirimkan salah satu klub terbaiknya. Sedangkan Malaysia, mengirimkan klub varsity, klub softball terbaik yang pernah merajai softball asia tenggara.

Manajer Klub Softball Lakidende Pahri Yamsul mengatakan, pihaknya cukup puas atas hasil ini. Awalnya, Lakidende hanya memasang target bisa naik podium ketiga.

"Sebab, lawan yang kami hadapi tahun ini tangguh. Namun, ternyata kami bisa melaju ke babak final," ujar Pahri Yamsul.

Kata Ketua Pengprov Perserikatan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sulawesi tenggara ini, Klub Lakidende selalu naik podium setiap tahun. Tradisi ini, harus dipertahankan namun pihaknya tidak memasang target muluk-muluk.

"Empat tahun berturut-turut sebelum Covid, Klub Lakindede selalu menjadi juara Makassar Open," ujar Pahri Yamsul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Olahraga Softball Sulawesi Tenggara

Tim Softball Sulawesi Tenggara, memiliki prestasi cemerlang dalam kejuaraan nasional dan asis tenggara. Namun, olahraga yang mulai aktif sejak tahun 90-an di Sulawesi Tenggara ini, kurang mendapat dukungan penuh Pemprov Sulawesi Tenggara.

Namun, prestasi softball Sulawesi Tenggara bukannya menurun. Pada dua event olahraga nasional PON XIX Jawa Barat dan PON XX Papua, softball Sulawesi Tenggara mampu memberikan prestasi terbaik.

Pada PON XIX, tim softball putra Sulawesi Tenggara merebut medali emas. Sultra mengalahkan juara bertahan Jawa Timur yang tak terkalahkan pada setiap momen PON.

Pada PON XX, tim putri Sultra berhasil merebut medali perak. Tim Sultra takluk dari Papua yang sudah mempersiapkan diri sejak dua tahun sebelumnya.

"Kami tak pernah muluk-muluk menargetkan sesuatu, yang penting kerja keras tim dan semangat. Tak perlu pujian berlebih, namun tetap menganggap semua lawan yang dihadapi adalah lawan kuat," ujar Pahri Yamsul.

pada kejuaraan antar klub nasional, Lakidende yang kerap mewakili Sulawesi Tenggara merupakan klub yang nyaris tak terkalahkan. Saat ini, Lakindende berada dijajaran klub nasional terbaik di Jakarta, Bandung dan Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.