Sukses

Mengenal Le Cordon Bleu, Sekolah Kuliner Para Chef Ternama

Le Cordon Bleu dikenal sebagai sekolah kuliner yang mempunyai lulusan para chef ternama.

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini nama sekolah kuliner Le Cordon Bleu ramai dibahas oleh publik khususnya warganet Indonesia.

Hal itu diketahui dari salah satu cuitan di X (sekarang Twitter) yang mengungkap artis ternama Indonesia Nagita Slavina juga pernah lulus dari sekolah tersebut.

abis liat menfess yg lagi rame di twitter terus iseng iseng searching, KAGET DONG EMAKNYA CIPUNG ternyata lulusan le cordon bleu juga,” mengutip dari akun @convomfs pada Selasa (26/9/2023).

Selain Nagita Slavina, beberapa chef ternama Indonesia seperti Chef Renatta, Chef Marinka, hingga jebolan Master Chef Indonesia season 8 Jesselyn juga lulusan dari sekolah tersebut.

Diketahui Le Cordon Bleu merupakan sekolah kuliner ternama dari Paris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Le Cordon Bleu?

Le Cordon Bleu termasuk ke dalam sekolah berskala internasional yang sudah ada di beberapa negara di dunia. Melansir dari situs resminya Le Cordon Bleu didirikan di Paris sejak 1895.

Sekolah ini sudah dianggap sebagai jaringan sekolah kuliner dan perhotelan terbesar di dunia dengan lebih dari 35 institut di 20 negara. Adapun 20.000 siswa dari lebih 100 negara dilatih setiap tahunnya.

Le Cordon Bleu memadukan inovasi dan kreativitas dengan tradisi melalui sertifikat, diploma, sarjana, hingga gelar master. Sekolah ini didirikan oleh seorang jurnalis dan penerbit majalah La Cuisinière Cordon Bleu, Marthe Distel.

Adapun nama tersebut dipilih karena dianggap mempunyai sejarah yang penting untuk masyarakat Paris sejak abad ke-16. Adapun sejak kemunculannya pertama kali Le Cordon Bleu langsung mengusung tagline sebagai sekolah seni kuliner.

Pada hari peresmian sekolahnya sebuah demo masak sempat digelar pada 15 Oktober 1895 menggunakan kompor listrik. Saat itu demo masak tersebut dianggap canggih dan menarik banyak perhatian orang.

Selain itu, pada tahun 1895 belum banyak sekolah kuliner yang menawarkan pengalaman belajar memasak sehingga kemunculan Le Cordon Bleu menyebar dengan cepat. Hingga akhirnya sekolah ini mulai berkembang pesat sampai dikenal dunia.

Le Cordon Bleu juga memanggil para chef hebat dari restoran berbintang untuk langsung mengajar para siswa. Adapun salah satu tokoh kuliner legendaris yang terkenal belajar di Le Cordon Bleu adalah Julia Child.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.