Sukses

Apa Itu Penyakit Psoriasis Vulgaris? Berikut Gejala dan Penyebabnya

Baru-baru ini warganet ramai membicarakan penyakit Psoriasis Vulgaris, lantas penyakit apakah itu?

Liputan6.com, Bandung - Saat ini warganet tengah ramai membahas penyakit Psoriasis Vulgaris setelah muncul sebuah video yang membuat narasi tentang penyakit tersebut. Diketahui Psoriasis Vulgaris merupakan penyakit kulit yang tidak dapat menular.

Penyakit kulit ini ditandai dengan adanya peradangan kronis atau munculnya sisik pada permukaan kulit. Psoriasis Vulgaris juga termasuk ke dalam bentuk Psoriasis yang paling umum dan dapat terjadi di seluruh tubuh atau bagian tubuh tertentu.

Perlu diketahui jika penyakit ini termasuk jenis psoriasis yang paling umum dialami oleh seseorang. Di antara seluruh kasus psoriasis ada sekitar 80% hingga 90% yang gejalanya memperlihatkan bentuk dari Psoriasis Vulgaris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Psoriasis Vulgaris?

Melansir dari Medical News Today Psoriasis Vulgaris merupakan sebuah istilah dari bentuk Psoriasis yang paling umum. “Vulgaris” sendiri berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti umum.

Salah satu jenis Psoriasis yang sering dialami oleh pengidapnya adalah psoriasis plak yaitu kondisi dimana sel-sel kulit terbentuk lebih cepat daripada siklus hidupnya secara normal. Sehingga penderita penyakit kulit ini memiliki sel-sel kulit yang menumpuk.

Penyakit ini juga tidak dapat menular dan merupakan penyakit seumur hidup sehingga penyakitnya tidak dapat disembuhkan total. Meskipun begitu kondisi yang dialami oleh penderitanya bisa datang dan pergi tergantung dari kondisi imun orang tersebut.

3 dari 4 halaman

Gejala Psoriasis Vulgaris

Adapun beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang menderita Psoriasis Vulgaris diantaranya muncul plak bersisik yang dapat terasa gatal. Ukurannya bisa kecil terpisah atau berbentuk kumpulan dari plak-plak kecil.

Plak yang muncul juga bisa terlihat merah meradang atau mempunyai tekstur sisik dengan warna keperakan. Umumnya pada orang yang berkulit cerah kondisi kulit terlihat berwarna merah atau merah muda.

Kemudian untuk penderita yang berkulit gelap umumnya warna plak tersebut terlihat cokelat tua, abu-abu, atau ungu. Kondisi Psoriasis Vulgaris umumnya muncul di batang tubuh, lutut, sikut, kulit kepala, atau area-area tubuh lainnya.

Penderita Psoriasis juga mempunyai perawatan yang berbeda-beda tergantung dari kondisinya saat itu. Sehingga pemeriksaan ke dokter akan mengklasifikasikan jenis psoriasis termasuk kedalam yang ringan, sedang, atau berat.

4 dari 4 halaman

Penyebab Psoriasis Vulgaris

Sebelumnya dijelaskan jika Psoriasis Vulgaris adalah penyakit yang tidak menular dan saat ini belum ada penyebab pasti dari penyakit ini. Tetapi umumnya respon imun yang tidak normal bisa menyebabkan sel-sel kulit menumpuk di permukaan kulit.

Penyakit ini juga tergolong sebagai penyakit autoimun yang terjadi pada kulit dan bisa jadi penderita ini diturunkan dari gen penderita lainnya. Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang diduga menjadi penyebab Psoriasis melansir dari National Psoriasis Foundation (NPF):

1. Stres

2. Cedera kulit

3. Infeksi

4. Efek penggunaan alkohol

5. Efek penggunaan rokok atau produk tembakau

6. Efek penggunaan obat tertentu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini