Sukses

Tak Hanya Pempek, Ini Ragam Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Palembang Lainnya

Palembang memiliki berbagai kuliner dan oleh-oleh yang patut dicoba

Liputan6.com, Palembang - Pempek memang menjadi salah satu kuliner andalan di Palembang. Meski demikian, pempek bukan merupakan satu-satunya kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Palembang.

Kota ini memiliki berbagai kuliner dan oleh-oleh yang patut dicoba. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ragam kuliner dan oleh-oleh Palembang selain pempek:

1. Martabak Har

Berbeda dengan martabak bangka yang dihidangkan dengan kuah cuko yang gurih, martabak har disajikan dengan kuah kari. Selain itu, martabak ini juga diberi campuran kentang dan daging.

2. Mi Celor

Mi celor adalah mi kuning tebal yang disajikan dengan kuah kaldu udang dan santan. Selain itu, sajian ini juga diberi sedikit taoge.

Masyarakat Palembang biasanya menyantap menu ini sebagai menu sarapan. Kuliner Palembang cukup populer ini bahkan menjadi salah satu varian rasa merek mi instan.

3. Tekwan

Tekwan menjadi salah satu kuliner wajib khas Palembang yang patut dicoba. Tekwan dibuat dari bahan yang sama dengan pempek.

Hanya saja, tekwan dibentuk bulat kecil seperti bakso ikan. Adonan tersebut kemudian direbus dan disajikan dengan kuah kaldu udang. Sebagai pelengkap, tekwan dihidangkan bersama soun, jamur kuping, irisan bengkoang, dan seledri.

4. Tempoyak

Tempoyak merupakan sajian buah durian yang ditumis bersama cabai dan bawang. Sajian ini kerap disebut sebagai sambal tempoyak. Tempoyak biasanya dijadikan pelengkap saat menikmati pindang ikan patin atau makanan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemplang

5. Kemplang

Beralih ke oleh-oleh khas Palembang, ada kemplang yang bisa dijadikan pilihan buah tangan. Kemplang adalah kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri atau gabus.

Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa gurih. Secara tradisional, kemplang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api dan disajikan dengan sambal terasi.

6. Kue Maksuba

Kue maksuba adalah kue lapis khas Palembang. Bentuk lapis Palembang ini mirip seperti lapis legit, tetapi teksturnya lebih basah. Kue dengan rasa manis ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

7. Lempok Durian

Palembang memiliki sajian dodol yang diberi nama lempok. Lempok durian yang berbahan dasar durian dan gula ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar. Pengolahannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

8. Sambal Lingkung

Berbeda dengan sambal pada umumnya, sambal lingkung tidak terasa pedas. Sambal ini memiliki cita rasa gurih, asin, dan manis dalam satu sajian.

Sambal lingkung dibuat dari parutan kelapa dan ikan tenggiri yang disangrai hingga kering. Pengolahan tersebut membuat sambal lingkung bisa disimpan dalam waktu lama, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Palembang.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.