Sukses

Tragedi 9/11 dan Kenangan Kelam yang Tewaskan Ribuan Jiwa di AS

Pada hari ini tanggal 11 September merupakan tanggal yang menyimpan sejarah kelam khususnya diantara masyarkat Amerika Serikat.

Liputan6.com, Bandung - Pada 11 September 2001 merupakan tanggal yang diingat sebagai kenangan kelam di Amerika Serikat (AS). Saat itu, beberapa teroris jahat meruntuhkan menara World Trade Center (WTC) New York dan tragedi ini memakan korban ribuan jiwa.

Masyarakat dunia mengenang tragedi tersebut dengan sebutan 9/11 dan menjadi peristiwa terburuk di Amerika Serikat. Sebanyak dua pesawat diketahui terbang menabrak menara kembar New York.

Adapun pesawat ketiga diketahui menabrak Pentagon dan pesawat keempat jatuh di wilayah Pennsylvania. Insiden ini diketahui dilakukan oleh sekitar 19 militan Al Qaeda yang dipimpin oleh Osama bin Laden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Singkat Tragedi 9/11

Melansir dari History, tragedi ini terjadi pada Selasa (11/9/2001) pukul 08.45 pagi. Kala itu sebuah pesawat American Airlines Boeing 767 menabrak menara utara WTC di New York City.

Akibatnya, terdapat lubang besar yang terbakar hebat dan menganga di dekat lantai 80 gedung tersebut. Ratusan orang dikabarkan tewas dan membuat orang lainnya terjebak karena insiden tersebut.

Tidak lama dari peristiwa tersebut, 18 menit kemudian pesawat kedua yaitu United Airlines Penerbangan 175 berbelok tajam ke arah gedung WTC. Alhasil, insiden kedua terjadi dan membelah menara selatan di dekat lantai 60.

Pesawat kedua membuat ledakan yang sangat besar dan puing-puing yang terbakar mulai terjatuh ke bawah gedung tersebut. Sejumlah rekaman video dari berbagai sudut juga memperlihatkan bagaimana dahsyatnya tragedi kelam tersebut.

Pada saat yang sama, pesawat ketiga American Airlines Flight 77 berputar-putar di pusat kota Washington, D.C dan menabrak sisi barat markas militer Pentagon pukul 09.45 pagi. Baik ratusan personel militer dan warga sipil bersamaan yang berada di dalam pesawat meninggal dunia.

Adapun pesawat keempat tujuan California mengalami pembajakan setelah pesawat tersebut meninggalkan Bandara Internasional Newark Liberty di New Jersey. Berbeda dari pembajakan yang lain, sejumlah penumpang dan pramugari melakukan pemberontakan.

Namun nasib malang, pesawat kemudian terbalik dan melaju ke tanah dengan kecepatan 500 mil per jam. Pesawat tersebut menabrak lapangan pedesaan yang dekat dengan Shanksville di Pennsylvania Barat pukul 10.10 pagi.

3 dari 3 halaman

Kronologi Tragedi 9/11

Melansir dari laman Timeline 911 Memorial, berikut ini adalah kronologi dari tragedi 9/11:

Pukul 05.45

Diketahui para teroris yang melakukan pembajakan pesawat telah melewati pemeriksaan kemanan Bandara Internasionall Portland, Maine. Sejumlah teroris terbang dengan tujuan California dengan keberangkatan dari bandara di Boston, Massachusetts, Newark, New Jersey, dan Washington, D.C, wilayah metropolitan.

Teroris tersebut diantaranya adalah Mohamed Atta dan Abdul Aziz al-Omari dan melewati batas keamanan di Portland International airport Maine pukul 05.45 pagi. Adapun keduanya menggunakan penerbangan komuter ke Bandara International Boston Logan.

Keduanya terhubung ke American Airlines Penerbangan 11 dan kemudian terdapat tiga pembajak lainnya yang bergabung dengan mereka. Selama kurang dari dua jam terdapat lima teroris yang membajak American Airlines Penerbangan 77 yang terekam ketika melewati pos pemeriksaan barat Bandara Internasional Washington Dulles.

Adapun tiga pembajak lainnya diantaranya Nawaf al-Hamzi, Khalid al-Mihdhar, dan Majed Moqed memulai aksinya dengan menyalakan detektor logam. Tetapi saat itu tidak ada senjata yang ditemukan.

Mereka melakukan aksi selanjutnya dengan bergegas menuju gerbang dan diketahui para teroris membawa pisau tersembunyi yang berada di tubuh mereka dan sebagian ada di tas jinjing. Saat itu sebelum terjadi peristiwa 9/11 Bandara tidak mewajibkan untuk merekam pos pemeriksaan keamanan.

Adapun saat itu pisau juga menjadi benda yang masih diizinkan untuk dibawa ke dalam pesawat jika bilahnya kurang dari empat inci.

Pukul 06.00

Pada pukul 06.00 pagi tempat pemungutan suara kota New York dibuka dan diadakan pada tanggal 11 September 2001. Adapun pemungutan suara tengah dilakukan untuk wali kota, advokat publik, pengawas keuangan, dan kantor kota lainnya.

Pukul 07.59

Saat itu, pesawat American Airlines penerbangan 11 melakukan lepas landas dari Boston dana diketahui terdapat 11 awak, 76 penumpang, dan lima teroris yang berada di dalamnya. Adapun pesawat diisi dengan 76.400 pon bahan bakar untuk perjalanan melintasi benua ke Los Angeles.

Pukul 08.15

Pada pukul 08.15 pesawat United Airlines penerbangan 175 kemudian lepas landas dari Boston menuju Los Angeles. Diketahui dalam penerbangan tersebut terdiri dari 9 anggota awak, 51 penumpang, dan lima teroris di dalamnya dan membawa 76.000 pon bahan bakar.

Pukul 08.19

Awak penerbangan 11 menghubungi personal darat bahwa pesawat tersebut mengalami pembajakan.

Pukul 08.20

Pada pukul 08.20 pesawat American Airlines penerbangan 77 mulai lepas landas dari Bandara Internasional Washington Dulles. Didalamnya terdapat 6 awak, 53 penumpang, dan 5 teroris dengan membawa bahan bakar sekitar 49.900 pon.

Pukul 08.24

Pembajakan di penerbangan 11 mulai mengirimkan pesan dan para terorisme  mencoba melakukan komunikasi dengan penumpang dan awak kabin. Tetapi dikarenakan menekan tombol yang salah komunikasi tersebut tersiar ke kontrol lalu lintas udara dan tanpa disadari menjadi peringatan atas serangan tersebut.

Pukul 08.30

Diketahui pada pukul 08.30 terdapat sekitar 80 orang yang berkumpul untuk menghadiri konferensi teknologi keuangan Risk Waters Group di lantai 106 Menara Utara. Adapun sekitar 72 staf diketahui tiba sebelum layanan sarapan pagi dan persiapan konferensi berlangsung.

Pukul 08.37

Pengontrol lalu lintas udara Boston mulai memberitahu pihak militer bahwa Jet Air National Guard di Massachusetts dimobilisasi untuk mengikuti pesawat nomor penerbangan 11.

Pukul 08.46

Pada pukul 08.46 Pesawat dengan nomor penerbangan 11 telah jatuh ke lantai 93 hingga 99 di menara sebelah utara gedung WTC.

Pukul 08.50

Presiden George W. Bush mulai diamankan namun penasihatnya saat itu menganggap jika tragedi tersebut hanya kecelakaan tragis.

Pukul 08.55 hingga 08.59

Setelah Menara Selatan dinyatakan aman polisi otoritas pelabuhan memerintahkan evakuasi kedua negara tersebut. Namun selang semenit perintah mulai diperluas ke seluruh area kompleks gedung WTC.

Pukul 09.00

Pesawat Flight 175 mulai menghubungi operator penerbangan di San Fransisco, California bahwa pesawat tersebut tengah mengalami pembajakan.

Pukul 09.03

Pesawat Flight 175 diketahui jatuh dari ke lantai 77 hingga 85 di gedung WTC Menara Bagian Selatan.

Pukul 09.05

Presiden Bush mulai mengetahui tragedi kejatuhan pesawat yang kedua di WTC dan selang 25 menit kemudian mengumumkan kepada masyarakat Amerika jika terorisme terhadap bangsa tidak akan bertahan.

Pukul 09.12

Pramugari bernama Renee A. May sempat menghubungi ibunya dan memberitahu jika para teroris tersebut memiliki kontrol atas pesawat dan memaksa para penumpang beserta kru kabin pesawat.

Pukul 09.37

Pada pukul 09.37 sebanyak lima teroris di American Airlines Flight 77 mulai menabrakkan pesawat ke sisi barat markas militer di Pentagon.

Pukul 10.53

Pada pukul 10.53 Pesawat Flight 93 juga diketahui jatuh di sebuah lapangan yang berada di dekat kota Shanksville, Pennsylvania.

Pukul 10.28

Menara Utara diketahui runtuh setelah terbakar selama 102 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini