Sukses

Sejarah Hari Pelanggan Nasional yang Diperingati Tiap 4 September

Pada 4 September setiap tahunnya di Indonesia diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional.

Liputan6.com, Bandung - Hari ini, Senin (4/9/2023), masyarakat di Indonesia diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Peringatan ini biasanya dirayakan oleh banyak perusahaan terutama yang berkaitan dengan pelanggan perusahaannya.

Sesuai namanya, Harpelnas dirayakan agar menjadi pengingat dalam memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan. Terutama untuk terus membuat perusahaan bisa melayani pelanggan sepenuh hati agar bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan tersebut.

Tanpa pelanggan suatu perusahaan tentunya tidak akan bisa berjalan atau berdiri dengan baik. Adapun pada peringatan tahun ini Hari Pelanggan Nasional mengusung tema "Melayani Pelanggan di Era AI".

Memasuki momen Hari Pelanggan Nasional 2023, tahun ini kami mengusung dan akan berfokus pada tema “Melayani Pelanggan di Era AI,” mengutip dari akun media sosial @harpelnas dikutip Senin (4/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Melansir dari situs resmi haripelanggan, peringatan Hari Pelanggan Nasional dicetuskan oleh Handi Irawan D pada 2003. Saat itu banyak pihak yang mendukung ide tersebut terutama dari BUMN, swasta dan pemerintah.

Awalnya peringatan ini dicetuskan untuk menghormati upaya pemerintah dan lembaga dalam melindungi hak-hak konsumen. Namun kemudian peringatan ini berkembang tidak hanya menjunjung perlindungan hak-hak saja.

Gagasan peringatan Hari Pelanggan Nasional ini kemudian diresmikan oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Sehingga kini pada tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional.

Peringatan Hari Pelanggan Nasional juga menjadi pengingat dalam mendorong perusahaan-perusahaan dalam memuaskan pelanggan. Terutama untuk memberikan pelanggan pengalaman yang baik agar bisa terus kembali kepada perusahaan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini