Sukses

Pengibaran Bendera Parpol di Puncak Gunung Slamet Awali Kirab Pemilu 2024 di Banyumas

Kirab Pemilu merupakan kegiatan nasional untuk mengestafetkan bendera 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 dan melakukan ragam kegiatan memeriahkan sosialisasi kepemiluan selama satu pekan

Liputan6.com, Purwokerto - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah melakukan Kirab Pemilu 2024, Mulai Sabtu (2/9/2023) hingga sepekan ke depan.

Kirab Pemilu merupakan kegiatan nasional untuk mengestafetkan bendera 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 dan melakukan ragam kegiatan memeriahkan sosialisasi kepemiluan selama satu pekan.

Kegiatan kirab didahului penerimaan estafet bendera parpol dari KPU Kabupaten Banjarnegara di embung Rawabener, Desa Piasa Kulon, Kecamatan Somagede, Sabtu sekitar pukul 11.30 Wib.

Rombongan kemudian menuju Bale Adipati Mrapat Kecamatan Banyumas. Kedatangan rombongan akan disambut marching band dari SMK Sekolah Pelayaran Maritim Nasional dan tarian tradisional pelajar SMKN 3 Banyumas. Di lokasi akan dilakukan upacara serah terima bendera.

Acara serah terima mengundang Bupati, Wakil Bupati, dan unsur forkompimda beserta ketua parpol, Bawaslu Kab. Banyumas, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Dapil Banyumas 3.

"Seremoni akan diisi doa lintas agama dan penandatanganan ikrar Pemilu Damai oleh Forkompimda serta Ketua Parpol se-Banyumas," kata Plt. Ketua KPU Banyumas, Khasis Munandar di sela-sela persiapan, Sabtu pagi.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan kirab bendera parpol. Rute yang ditempuh Alun-Alun Banyumas menuju Kantor KPU Banyumas di Berkoh melalui Kaliori, Patikraja, Perempatan Tanjung, Menara Teratai, Alun-Alun Purwokerto-Jalan Masjid, Jl Dokter Angka hingga Simpang Aston, Jalan Ovis, Jalan Kombas, Jalan Jensud dan Bundaran Air Mancur.

"Tiap parpol mengirimkan maksimal dua kendaraan ikut pawai," lanjut Khasis.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diawali Pengibaran 18 Bendera Parpol di Puncak Gunung Slamet

Untuk kelancaran pawai, KPU Banyumas sudah koordinasi dengan Polresta, Dinhub, dan Satpol PP Banyumas. Khasis menambahkan, mengajak warga untuk menyaksikan kirab dan mohon maaf bila menimbulkan gangguan kelancaran lalu lintas selama pawai yang dimulai pukul 15.30 wib dan berakhir pukul 17.00 wib.

Sebagai tambahan, KPU Kab. Banyumas menerima estafet bendera dari rute 4 pemberangkatan Kalimantan Utara. Nantinya setiap hari hingga tanggal 8 September akan dilakukan beragam kegiatan sosialisasi. Yakni :1. Minggu 3 September : Jalan sehat di RRI Purwokerto

2. Senin, 4 September : sosialisasi pemilih pemula serentak di 27 sekolah di 27 kecamatan.

3. Selasa, 5 September : sosialisasi di komunitas adat Bonokeling, sosialisasi kelompok perempuan dan serentak di 27 kecamatan.

4. Rabu, 6 Sept : kesenian kuda lumping di Kediri Karanglewas dan sosialisasi serentak berbasis komunitas di 27 kecamatan.

5. Kamis, 7 Sept : sosialisasi di kelompok disabilitas kerjasama dgn Dinsospermasdes dan serentak di 27 kecamatan. Serta sosialisasi bagi wartawan di kantor Radar Banyumas.

6. Jumat, 8 Sept : sosialisasi bagi pedagang dan pengunjung Pasar Ajibarang.

7. Sabtu, 9 Sept : mengirimkan bendera kirab ke KPU Kab. Tegal.

Mengawali rangkaian kirab Pemilu 2024, KPU Kab. Banyumas telah melakukan pengibaran 18 bendera parpol di puncak Gunung Slamet, 26 - 27 Agustus 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.