Sukses

Ikan-ikan dari Laut Sulbar Bakal Tetap Segar, Pemprov Siapkan Cold Storge

Pembangunan pabrik es dan cold storage itu merupakan langkah konkret dari Pemprov Sulbar untuk memperkuat sektor perikanan yang menjadi salah satu sektor unggulan bagi provinsi ke-33 itu

Liputan6.com, Mamuju - Pemprov Sulbar terus berupaya untuk memaksimalkan sumber daya perikanan yang dimiliki provinsi ke-33 itu. Salah satunya dengan membangun pabrik es dan cold storage untuk memaksimalkan hasil tangkapan ikan para nelayan maupun pengusaha perikanan.

Pj Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pembangunan pabrik es dan cold storage itu merupakan langkah konkret dari Pemprov Sulbar untuk memperkuat sektor perikanan. Sektor perikanan merupakan salah satu sektor unggulan bagi provinsi ke-33 itu, karena memiliki sumber daya yang melimpah.

"Setiap kali saya kunjungan ke berbagai tempat yang diminta masyarakat itu hanya dua, pabrik es dan cold storage," kata Zudan saat memantau pembangunan pabrik es dan cold storage di Desa Sumare, Kabupaten Mamuju, Sabtu (02/09/23).

"Saya sudah tugaskan kepala dinas untuk tahun depan ditambah lagi pembangunan cold storage dan pabrik es, minimal satu kabupaten satu cold storage dan pabrik es," tambahnya.

Zudan menerangkan, pabrik es yang dibangun Pemprov Sulbar di Desa Sumare memiliki kapasitas 10 ton perhari, sedang cold storage memiliki kapasitas 12 ton perhari. Dengan kapasitan itu dinilai sudah bisa membantu untuk menjaga ketersediaan ikan di Sulbar.

"Saya harapkan Dinas Kelautan dan Perikanan membangun tepat waktu, Oktober sudah bisa operasional. Sehingga para nelayan khususnya di Sumare dan nelayan dari daerah lain yang lewat bisa menitipkan ikannya disini atau untuk membeli balok es disini," harap Zudan.

Zudan menambahkan, dirinya sudah meminta Pemprov dan enam Pemkab di Sulbar untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan ikan di regional sehingga ikan tidak banyak dibawa ke luar. Karena dalam sistem tata niaga pasar kalau harga di luar tinggi pasti nelayan akan kirim ke luar. 

"Kita akan hidupkan kembali gerakan gemar makan ikan, ini penting sekali, karena komsumsi ikan kita masih rendah," ujar Zudan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar, Khairuddin Anas mengatakan, sesuai arahan gubernur pihaknya sudah memasukkan rencana pembangunan pabrik es dan cold storage di 2024. Akan ada pembangunan pabrik es dan cold storage di dua kabupaten, yakni Pasangkayu dan Mamuju Tengah.

"Pabrik es dan cold storege ini sangat penting, karena kemari kita sudah betemu dengan para nelayan, pengusaha atau punggawa ikan, salah satu hal yang menjadi kebutuhan mereka itu adalah tersedianya cold storage dan pabrik es," kata Khairuddin.

Karena menurutnya, nelayan dan punggawa ikan akan tertarik masuk disuatu tempat jika fasilitas yang mereka butuhkan sudah ada. Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) atau tempat pembelian BBM dengan harga subsidi.

"Kita juga akan menyediakan SPDN. Makanya kita bangun disini, harapannya untuk memberikan kemudahan bagi nelayan dan pelaku usaha. Kalau ada disini (fasilitas) tentu akan sangat menarik buat nelayan kita," tutup Khairuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini