Sukses

Warga Pinggiran Pekanbaru Kini Bisa Nikmati Air Bersih dari Sumur Bor

Masyarakat Jalan Bawal, Kelurahan Muara Fajar, Kota Pekanbaru, mendapatkan secercah harapan menikmati air bersih setelah mendapatkan bantuan sumur bor dari Polda Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Selama ini, lingkungan RW 05 RT 03 di Jalan Bawal, Kelurahan Muara Fajar Timur, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru, kesulitan air bersih. Daerah perbukitan membuat warga setempat harus menggali hingga ratusan meter untuk mendapatkan air yang bisa dikonsumsi.

Sekian lama menunggu, warga kini bisa menikmati air bersih setelah mendapat bantuan sumur bor dari Polda Riau. Sumber mata air ini bisa dinikmati oleh puluhan kepala keluarga setempat.

Bantuan sumur bor ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia. Total ada 23 sumur bor bantuan Polda Riau di Bumi Lancang Kuning.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Muara Fajar Timur, Hendri Nainggolan menyatakan, bantuan dari Polda Riau yang diserahkan oleh Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal ini merupakan mukjizat luar biasa.

"Selama ini masyarakat kesulitan air bersih, terima kasih telah memilih lokasi ini dengan bantuan sumur bor dan mesin pompa," kata Hendri, Selasa siang, 29 Agustus 2023.

Hendri berharap sumur bor dan kelengkapan air bersih ini mengatasi kesulitan warga. Pasalnya selama ini kendala utama di lokasi dalam kehidupan sehari-hari adalah air bersih.

"Dengan adanya bantuan ini kami bersyukur, marilah masyarakat memanfaatkan dengan baik," imbuh Hendri.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akui Masih Kurang

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menjelaskan, air bersih bagi tubuh manusia sangat penting. Hal ini mengingat hampir 70 persen bagian tubuh manusia terdiri dari air.

Kesulitan air bersih sudah dirasakan masyarakat belahan dunia. Salah satunya dipengaruhi oleh Fenomena El Nino yang membuat cuaca makin kering.

Iqbal mencontohkan India. Saat ini, negara Bollywood itu suhu panasnya mencapai 50 derajat Celsius tapi Indonesia masih beruntung meskipun terkena dampak El Nino.

"Alhamdulillah di Riau sejak Agustus ini sudah 5 kali hujan lebat sehingga dampak kebakaran hutan dan lahan bisa diminimalisir," kata Iqbal.

Kembali ke bantuan sumur bor, Iqbal mengakui jumlah yang disediakan Polda Riau masih kurang. Harapannya bantuan sumur ini dilakukan setiap tahun, baik oleh Polres hingga Polsek.

"Insya Allah dapat dimanfaatkan, kalau ada kekurangan komunikasikan," ujar Iqbal.

 

3 dari 3 halaman

Bakti Sosial Kemerdekaan

Iqbal menjelaskan, kegiatan dalam rangka Bakti Sosial Polri memeriahkan Kemerdekaan serentak dilakukan di Indonesia. Pekanbaru merupakan salah satu lokasi tepat karena masih ada sejumlah daerah kesulitan air bersih.

"Kalau kebutuhan air bersih sudah cukup, masyarakat bisa fokus ke aspek lain, semoga bermanfaat," ucap Iqbal.

Selain 23 lobang sumur bor, Polda Riau juga mendirikan 15 tower, 15 tangki air dan 15 mesin pompa air.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebut pemerintah daerah hanya bisa memenuhi 10 persen kebutuhan air bersih masyarakat. Sisanya dipenuhi secara mandiri oleh warga.

Melalui perusahaan daerah air minum, Pemerintah Kota Pekanbaru terus meningkatkan kapasitas air bersih. Pembangunan infrastruktur air terus digesa sampai saat ini.

"Setelah sumur bor ini, ke depannya bisa mengatasi kawasan kumuh kalau ada program dari Polda," harap Indra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini