Sukses

Seluruh Objek Wisata di Bone Bolango Berbasis Halal dan Syariat, Seperti Apa?

Apa itu wisata yang halal, aman dan syar'i? Paling tidak makanan yang disediakan atau dijual aman, menyehatkan dan halal. Tempat wisata juga menyediakan tempat wudhu dan sholat.

Liputan6.com, Gorontalo - Banyaknya objek wisata di Bone Bolango (Bonebol) dicanangkan sebagai lokasi wisata berbasis halal dan syariat. Pencanangan ini dilakukan Bupati Hamim Pou usai melakukan zikir dan selawat akbar di lokasi wisata Danau Perintis, Minggu (20/8/2023) malam.

Hamim mengungkapkan, seluruh objek wisata di daerah itu menjadi wisata berbasis halal dan syariat. Hal itu disebabkan hampir seluruh warga di Kabupaten Bonebol beragama muslim.

Dirinya menjelaskan bahwa wisata berbasis halal dan syariat melibatkan 99 persen warga Bone Bolango yang beragama Islam. Belum lagi sebagian besar hidup dan mendapatkan rezeki dari kegiatan-kegiatan pariwisata.

Apa itu wisata yang halal, aman dan syariat? Paling tidak makanan yang disediakan atau dijual aman, menyehatkan dan halal. Tempat wisata juga menyediakan tempat wudu dan salat.

"Pakaian pengunjungnya juga harus lebih sopan dan teratur. Adab berkunjung juga diutamakan," tuturnya.

"Ini adalah hal yang sederhana. Jangan sampai kita buat tempat wisata yang bagus dan viral, tapi menjadi sumber maksiat. Ini tidak boleh terjadi di tempat wisata yang ada di Bone Bolango," tegas Hamim.

Bupati mengungkapkan wisata di Bone Bolango banyak dikembangkan demi menghibur dan membahagiakan mata dan hati serta menjaga iman masyarakat. Wisata dengan berbasis syariat juga diharapkan menekan angka maksiat di Bonebol.  

Ia juga mengatakan Danau Perintis tersebut ditata menggunakan Dana PEN kemudian didukung oleh tata cahaya dari Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel sehingga membuat tempat itu menjadi ikon pariwisata baru di Provinsi Gorontalo.

"Ada ribuan orang yang datang kesini. UMKM semua hidup, parkirannya juga bagus, semua bisa mendapatkan penghasilan. Tugas kita sekarang adalah menjaga wisata ini, harus dirapikan semua, jangan sampai menjadi kumuh, semrawut agar bisa memberikan manfaat bagi kita semua," katanya.

Selain Danau Perintis, revitalisasi dan pengembangan juga dilakukan di Pemandian Lombongo yang kini sudah memiliki sauna dan spa yang terpisah antara laki-laki dan perempuan serta bersifat syariat serta terdapat foodcourt.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.