Sukses

Peringati Hari Proklamasi Kemerdekaan, Polda Kaltara Gelar Upacara dan Tabur Bunga

Polda Kaltara juga menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan upacara bendera dan tabur bunga.

Liputan6.com, Bulungan - HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia juga diperingati di Polda Kaltara dengan menggelar upacara bendera.  Upcara tersebut ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan berlangsung khidmat di Mako Polda Kaltara, Kamis (17/08/2023) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol R Andria Martinus serta dihadiri oleh para pejabat utama Polda Kalimantan Utara seperti Karoops Kombes Pol Prasodjo Wibodo, Karorena Kombes Pol Juli Eko Prihartono, Dirnarkoba Kombes Pol Agus Yulianto, Kabid TIK Kombes Pol Budhi Rochmat, dan lainnya.

Upacara ini juga sebagai bentuk mengenang pengorbanan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Upacara ini juga merupakan momentum penting bagi kita semua untuk senantiasa menggelorakan semangat kejuangan dalam mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata pada bidang pengabdian kita selaku insan Bhayangkara,” kata Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol R Andria Martinus saat menjadi inspektur upacara.

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh personil Polda Kaltara. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman Mako Polda Kaltara.

Usai upacara, kegiatan bergeser ke tugu makam pahlawan. Kegiatan ini diawali mengheningkan cipta dan penghormatan kepada para pahlawan serta peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan. Selanjutnya juga dilakukan tabur bunga diatas pusara Makam Pahlawan.

Kapolda KaltaraIrjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan ziarah ke makam pahlawan ini adalah ekspresi dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia untuk menanamkan jiwa nasionalisme, khususnya kepada para personil Polda Kaltara.

“Kita mengenang jasa para pahlawan dengan harapan kita bisa terus-menerus mempertahankan kemerdekaan ini, mengisi kemerdekaan dan membangun bangsa dan negeri ini,” kata Daniel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini