Sukses

Wisata Budug Asu di Malang, Cocok untuk Pencinta Alam

Lokasi perbukitan Budug Asu berada di ketinggian 2.000 mdpl. Tak heran jika tempat ini juga terasa sangat sejuk.

Liputan6.com, Malang - Budug Asu merupakan salah satu destinasi wisata alam di Malang, tepatnya di kawasan agrowisata Kebun Teh Wonosari, Lawang, Kabupaten Malang. Tempat wisata ini menawarkan kesejukan yang bisa dinikmati dari atas puncak bukit.

Mengutip dari berbagai sumber, awalnya tempat wisata ini hanya digunakan oleh kalangan motor crosser atau offroader sebagai jalur utama di kaki Gunung Arjuno. Semakin lama, jumlah off roader pun meningkat, sehingga pengelola membuat spot foto dan fasilitas lainnya.

Hal itu ternyata menarik lebih banyak wisatawan yang tak hanya berasal dari pencinta olahraga outdoor, tetapi juga para pemburu foto selfie. Para pengunjung bisa mengambil foto berlatar belakang Gunung Arjuno.

Daya tarik lain dari tempat ini adalah hamparan kebun teh yang memanjakan mata. Terdapat gardu pandang yang menjadi ikon untuk foto selfie sekaligus menjadi tempat menikmati pemandangan.

Lokasi perbukitan Budug Asu berada di ketinggian 2.000 mdpl. Tak heran jika tempat ini juga terasa sangat sejuk.

Selain berfoto, para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di sini, seperti trekking, naik kendaraan off-road, canyoning, panjat tebing, hingga berkemah. Untuk trekking, para pengunjung bisa mengambil rute dari Kebun Teh Wonosari Lawang.

Selama trekking, wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah dan asri dari hutan pinus, perkebunan kopi, dan suara burung. Untuk rute trekking yang lebih menantang, pengunjung bisa memilih Tanjakan Dhemit yang memiliki kemiringan hampir mencapai 80 derajat.

Bagi pengunjung yang suka naik kendaraan off-road, pengelola Budug Asu telah menyediakan penyewaan Jeep lengkap dengan supirnya. Selain mobil Jeep, ada juga penyewaan motor yang bisa dikendarai sendiri.

Berkunjung ke Budug Asu juga memungkinkan para pengunjung untuk melakukan kegiatan canyoning, yaitu aktivitas melintasi ngarai dengan menggabungkan kegiatan lain, seperti mendaki, memanjat, berenang, hingga meluncur. Lokasi canyoning di lereng Gunung Arjuno berada di Tebing Sriti.

Selain canyoning, pengunjung juga bisa mencoba panjat tebing yang dilakukan dengan menyeberangi jembatan layang di ketinggian lereng Gunung Arjuno. Para pengunjung juga bisa bersantai di atas hammock sambil bergelantungan menikmati pemandangan.

Bagi yang ingin bermalam, di Budug Asu juga terdapat tempat perkemahan. Berkemah di tempat wisata Malang ini akan lebih menyenangkan saat bisa melihat keindahan sunrise sebagai salah satu panorama Gunung Arjuno.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini