Sukses

Perjalanan Karir Muhammad Zayyan, Warga Indonesia Gabung ke Boyband Korea Selatan Xodiac

Sebelum menjadi idola di Korea Selatan, ia pernah ikut dalam program pencarian bakat di Indonesia, tetapi belum beruntung di negeri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Zayyan menjadi satu-satunya personel boyband Korea Selatan Xodiac. Pria kelahiran 23 Februari 2000 ini menjadi salah satu personel Xodiac di bawah naungan agensi One Cool Jacso (OCJ) Entertainment dengan jumlah sembilan member.

Enam member-nya berasal dari Korea Selatan, yaitu Hyunsik, Lex, Beomsoo, Wain, Gyumin, dan Dayin. Sebelum menjadi idola di Korea Selatan, ia pernah ikut dalam program pencarian bakat di Indonesia, yakni Rising Star Indonesia 2018 dan Indonesian Idol 2020.

Zayyan tereliminasi pada babak Live Audition. Kemudian Muhammad Zayyan mengikuti Indonesia Idol Season 10 dan ia gagal saat babak eliminasi ke tiga.

Diketahui, Zayyan pernah menjadi talent dari CoppaMagzTV yang merupakan media Kpop asal Indonesia. Zayyan seringkali membagikan video cover-nya di akun Youtube miliknya, ZYYN.

Sejak 2020, Zayyan sudah terjun di dunia YouTube. Ia melakukan cover lagu mulai dari Indonesia hingga lagu Amerika. Baik lagu milik BTS, maupun lagu barat seperti lagu-lagu milik Justin Bieber dan Adele yang ia cover.

Zayyan resmi bergabung menjadi anggota Xodiac pada 10 April 2023. Melalui akun Instagram resmi, Xodiac membagikan teaser individu serta foto para member, termasuk Zayyan untuk album pertama Xodiac yaitu Throw a Dice.

Lagu ini menceritakan kisah anak laki-laki muda yang percaya diri untuk mencapai tujuan mereka. Throw a Dice Sukses menempati posisi nomor 2 di trending Youtube.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menginspirasi

Diiringi lagu hip-hop yang menitikberatkan pada permainan bas, para member XODIAC mengangkat kisah tentang anak muda yang percaya diri dalam meraih tujuannya.

Keberhasilan Zayyan sebagai artis di Korea juga memberi inspirasi bagi banyak warga Indonesia yang bercita-cita mengejar karir di industri hiburan Korea.

Ia menjadi contoh bahwa dengan kerja keras, ketekunan, dan dedikasi, mimpi tersebut dapat terwujud. Perjalanan Zayyan dari warga Indonesia menjadi artis di Korea adalah kisah yang menginspirasi banyak orang.

Ia telah membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, batasan-batasan budaya dan geografis dapat diatasi. Dalam beberapa tahun terakhir, Zayyan telah menjadikan nama Indonesia dikenal di panggung internasional.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini