Sukses

Ada Beragam Motif Batik di Indonesia, Yuk Kenali Jenis dan Maknanya

Batik mempunyai banyak motif. Setiap motifnya mempunyai makna tersendiri yang penuh arti.

Liputan6.com, Bandung - Batik merupakan salah satu identitas yang berasal dari hasil karya perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Sebagai salah satu identitas bangsa, batik pun sangat dipertahankan dan dilestarikan sampai saat ini.

Seperti diketahui, batik mempunyai motif atau corak beragam yang mempunyai makna dan filosofinya masing-masing. Selain itu, motif ini juga mempunyai latar belakang dari berbagai adat istiadat dan budaya di Indonesia.

Karena itu, batik menjadi salah satu identitas bangsa yang sangat dihormati dan dilestarikan.

Tradisi membatik juga terus diajarkan secara turun-temurun agar terus bertahan dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lalu, apa saja jenis motif batik? Simak juga makna dari masing-masing motif batik tersebut berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Terdapat berbagai motif batik yang mempunyai makna tertentu terutama dari budaya setempatnya. Mengutip dari bbkb.kemenperin.go.id, berikut ini adalah 10 motif batik serta maknanya:

1. Alas-alasan

Alas-alasan merupakan motif batik yang berasal dari bahasa Jawa yang artinya hutan. Motif ini mempunyai arti hutan-hutanan atau seperti hutan. Motif alasan adalah motif tradisional yang menggambarkan berbagai jenis binatang baik binatang kecil hingga yang besar.

Makna dari motif alas-alasan adalah diharapkan mampu dalam mengajak orang lain untuk membaca ulang atau selalu mawas diri, arif, serta bijaksana. Terutama ketika menjalani kehidupan di dunia yang mempunyai banyak sekali tantangan.

2. Anggur

Motif anggur masuk kategori lung-lungan atau permainan kata lung-lungan yang mempunyai arti "Tulung-tulungan" atau tolong menolong. Motif yang dimilikinya pun digambarkan saling terikat serta mengait.

Motif ini mempunyai makna yang tersirat akan sebuah harapan agar orang yang mengenakannya sehingga memiliki kehidupan sosial yang baik.

3. Empirit

Empirit adalah motif batik yang memperlihatkan burung pipit yaitu burung yang tidak pernah lepas dari kelompoknya. Meskipun mempunyai badan yang kecil burung ini mampu dalam menghadapi dunia yang luas karena selalu berkelompok.

Makna yang dimiliki oleh motif empirit adalah untuk manusia bisa belajar dari alam dan sekitar. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang harus menjaga hubungan baiknya dengan sesama.

4. Gudho latar kembang

Motif gurdho latar kembang mempunyai sebuah makna mengenai kedudukan yang baik atau pengharapan agar orang yang mengenakannya mendapatkan kedudukan yang pantas dan baik. Adapun motifnya digambarkan dengan ornamen mahkota yang gagah dan dikelilingi oleh haruman bunga di sekitarnya.

 

3 dari 3 halaman

Berikutnya

5. Gurdho pisang bali

Batik gurdho pisang bali mempunyai lambang dunia atas atau mengenai keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa. Motifnya mempunyai makna akan harapan, doa, serta keselamatan dalam kehidupan.

6. Kokrosono

Kokrosono adalah motif batik yang mempunyai filosofi dharma, kemakmuran, dan teguh hati. Namanya pun diambil dari tokoh pewayangan bernama Raden Kokrosono yang mempunyai ciri sebagai tokoh baik hati.

Makna batik ini menyimpan harapan untuk menjadi sosok yang selalu siap untuk berkorban bagi kepentingan orang lain. Atas dasar dari cinta serta pengharapan dalam mewujudkan dunia yang ideal dan tidak pernah berhitung untuk dan rugi atas pilihannya.

7. Kukilo latar kambil secuil

Kukila atau kicau burung mempunyai gambaran sosok yang indah dan suara yang indah. Adapun kambil atau pohon kelapa adalah pohon terkuat yang pernah ada bahkan semua bagiannya bisa dimanfaatkan oleh makhluk sekitar.

Makna dari motif batik ini mempunyai harapan agar mampu menjadi seseorang yang menawan dengan gaya bicara yang penuh pesona. Adapun motif ini mampu memberikan manfaat yang juga luar biasa untuk orang sekitarnya.

8. Merak lung-lungan

Merak lung-lungan mempunyai gambaran akan kemegahan dan mempunyai identitas burung merak yang merupakan burung terlihat megah berasal dari Indonesia. Lung-lungan mempunyai lambang akan kesuburan tanah sehingga menggambarkan hubungan erat yang baik antara sang pemimpin dan yang dipimpin.

Motif ini pun mempunyai makna agar sosok pemimpin mampu menciptakan hubungan yang baik diantara sang pimpinan dengan yang dipimpin.

9. Parang kancing ceplok kupu

Seperti diketahui, parang berasal dari kata parang atau lereng sehingga motif yang dimilikinya seperti lereng. Adapun kupu adalah hewan yang tidak pernah memilih makanan lain selain saripati madu pada bunga.

Maka dari itu, makna dari motif batik ini mengenai harapan agar pengguna batik tersebut bisa menjadi sosok yang tegas dan selalu mawas diri pada setiap jalan kehidupannya.

10. Sekar Jagad

Sekar jagad mempunyai arti sebagai "bunga dunia" dan menampilkan motif bunga-bungaan dari berbagai macam batik dan motif bunga yang pernah dibuat. Makna dari motif ini mempunyai harapan akan kegembiraan serta keelokan budi bagi pemakainya sehingga bisa menampilkan sosok yang penuh pesona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.