Sukses

5 Fakta yang Wajib Diketahui Bonek tentang Persebaya Surabaya

Fakta-fakta menarik tentang Persebaya Surabaya yang wajib diketahui, khususnya Bonek dan Bonita pendukung fanatik tim itu.

Liputan6.com, Jakarta - Persebaya Surabaya yang disingkat dari Persatuan Sepak Bola Surabaya adalah salah satu klub besar asal Jawa Timur yang didirikan pada 18 Juni 1927 silam.

Setelah terlempar di kasta kedua sepak bola Indonesia liga 2 pada 2017 silam klub berjuluk Bajul Ijo memantaskan diri lolos sebagai juara dan promosi ke Liga 1 setelah mengalahkan dengan skor 2:3 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Klub yang bermarkas di Gelora Bung Tomo itu dulu bernama Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Ada fakta-fakta menarik tentang SIVB yang resmi berganti nama menjadi Persebaya Surabaya, meski sempat dibekukan tahun 2010 hingga 2017 Persebaya Surabaya menjadi salah satu klub besar dengan suporter yang militan.

Liputan6.com merangkul beberapa hal yang wajib diketahui oleh pendukung fanatiknya yakni Bonek dan Bonita, berikut 5 hal yang wajib diketahui tentang Persebaya Surabaya.

1. Didirikan M.Pamaoedji

Didirikan oleh M.Pamoedji pada 18 Juni 1927 dengan nama Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB) bertujuan menampung pemain-pemain sepak bola yang berasal dari pribumi.

Hal itu ia lakukan untuk menyaingi dominasi klub sepak bola yang didirikan oleh belanda Soerabajasche Voetbal Bond (SVB). SVB sudah lebih dulu berdiri tahun 1901.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Kali Juara Perserikatan

2. Suporter Bonek

Klub Bajul Ijo itu memiliki suporter militan yang dikenal dengan sebutan Bonek (Bondho Nekat). Bonek menjadi salah satu kelompok suporter dengan basis besar di Indonesia yang terkenal dengan sangat fanatik mendukung Persebaya Surabaya. Tak hanya memiliki suporter laki-laki dengan sebutan Bonek, mereka juga memiliki suporter fanatik dari kaum hawa dikenal dengan nama Bonita.

3. Salah Satu Pendiri PSSI

Menjadi salah satu pendiri PSSI, Persebaya Surabaya bersama PSIM Yogyakarta, Persis Solo, Persija Jakarta, Persib Bandung, PPSM Magelang, dan PSM Madiun pada 19 April 1930 menghadiri pembentukan Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI). Namun pada tahun 1950 di pertemuan kongres PSSI di Solo berganti menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia dan nama itu digunakan hingga sekarang.

4. Anthem Song For Pride

Setiap kali pada laga, Persebaya Surabaya selalu menyanyikan anthem berjudul Song For Pride. Dinyanyikan sebelum dan usai bertanding di kandang mereka Gelora Bung Tomo. 

5. 6 Kali Juara Perserikatan

Tim kebanggaan masyarakat Surabaya itu pernah 6 kali juara di era perserikatan, yakni pada tahun 1951, 1952, 1978, 1988, 1997, dan tahun 2004. Tak sedikit prestasi nasional dan intersnasional pernah diraih Persebaya Surabaya. 

Saat ini Persebaya Surabaya tengah mengarungi kompetisi liga 1 yang ditukangi oleh Pelatih Kepala Aji Santoso. Green Force atau Bajul Ijo menjadi tim dengan sponsor tak sedikit, Persebaya Surabaya dalam kompetisi Liga 1 2023/2024 musim ini menargetkan timnya juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.