Sukses

Serba Serbi Threads, Aplikasi Baru dari Instagram Pesaing Twitter

Lebih dari 5 juta orang mendaftar ke Threads dalam empat jam pertama peluncurannya.

Liputan6.com, Jakarta - Threads, aplikasi baru dari Instagram yang diluncurkan pada 6 Juli 2023. Aplikasi ini dianggap sebagai saingan Twitter dan dirancang untuk menjadi tempat pembaruan waktu nyata dan percakapan publik.

Threads memungkinkan pengguna mengunggah hingga 500 karakter, serta tautan, foto, dan video berdurasi hingga lima menit.

Pengguna dapat mengikuti dan terhubung dengan teman dan pembuat konten yang memiliki minat yang sama, termasuk orang yang mereka ikuti di Instagram dan lainnya.

Menurut Mark Zuckerberg, CEO Meta, lebih dari 5 juta orang mendaftar ke Threads dalam empat jam pertama peluncurannya. "Baru saja melewati 5 juta pendaftar di empat jam pertama," tulis Mark Zuckerberg seperti dikutip dari akunnya, Kamis (6/7/2023).

Menurut Mark, Threads memang dihadirkan sebagai ruang publik yang terbuka dan ramah untuk percakapan.

"Kami berharap bisa membawa keunggulan yang ada di Instagram, lalu menghadirkannya dalam pengalaman baru lewat teks, ide-ide, dan mendiskusikan apa yang ada di kepalamu," tulis Mark Zuckerberg menjelaskan soal layanan Threads ini.

Selain itu, aplikasi ini terhubung ke Instagram, yang memiliki sekitar dua miliar pengguna aktif bulanan.

Threads adalah perpanjangan dari aplikasi Instagram, dan postingan dapat dengan mudah dibagikan di antara kedua aplikasi tersebut. Aplikasi ini dianggap sebagai ancaman signifikan bagi Twitter, terutama setelah perubahan platform Elon Musk baru-baru ini.

Para ahli mengatakan Threads dapat menarik pengguna Twitter yang tidak senang dengan perubahan terbaru pada platform. Threads juga memiliki keunggulan signifikan karena terhubung dengan Instagram yang memiliki ratusan juta pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Threads

Untuk menggunakan Threads, Anda perlu mengunduh aplikasi dari App Store atau Google Play Store. Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat masuk dengan akun Instagram Anda.

Anda kemudian dapat mengikuti dan terhubung dengan teman dan pembuat konten yang memiliki minat yang sama.

Di Threads, Anda dapat memposting pembaruan, tautan, foto, dan video berdurasi hingga lima menit. Anda juga dapat menyukai, mengomentari, dan memposting ulang postingan pengguna lain.

Threads memiliki umpan kiriman, yang disebut Meta sebagai "utas", dari orang yang Anda ikuti dan konten yang direkomendasikan.

3 dari 3 halaman

Fitur Threads

Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia di Threads:

Postingan teks

Pengguna dapat membuat postingan berbasis teks hingga 500 karakter.

Foto dan video

Pengguna dapat berbagi foto dan video hingga lima menit.

Follow dan connect

Pengguna dapat mengikuti dan terhubung dengan teman dan kreator yang memiliki minat yang sama, termasuk orang-orang yang diikuti di Instagram dan di luar Instagram.

Feed

Threads memiliki feed postingan, yang Meta sebut "threads," dari orang-orang yang diikuti dan konten yang direkomendasikan.

Like, comment, dan repost

Pengguna dapat memberikan like, komentar, dan repost postingan pengguna lain.

Direct message

Pengguna dapat mengirim pesan langsung ke teman-teman dekat.

Filter privasi

Pengguna dapat mengatur privasi profil mereka untuk menentukan siapa yang dapat melihat postingan mereka dan siapa yang dapat membalas postingan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.