Sukses

Dari Tradisional hingga Kekinian, Ini 5 Kuliner Wajib Dicicipi di PRJ 2023

Berikut kuliner PRJ 2023 yang wajib dicicipi.

Liputan6.com, Jakarta - Pergi ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) dapat menjadi pilihan untuk mengisi libur akhir pekan. Semarak Jakarta Fair 2023 masih berlangsung hingga 12 Juli nanti di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Selain bisa belanja pakaian, elektronik, peralatan rumah sampai mobil, pengunjung dapat berwisata kuliner. Ada lebih dari 200 tenant kuliner yang ikut menyemarakkan PRJ tahun ini.

Bahkan, tidak hanya aneka kuliner tradisional seperti kerak telor atau soto Betawi saja. Ada banyak kuliner kekinian yang viral juga wajib dicoba.

Berikut kuliner PRJ 2023 yang wajib dicicipi.

1. Kerak Telor

Kerak telor masih menjadi primadona saat gelaran PRJ setiap tahunnya. Kuliner legendaris Betawi berbahan dasar telur ini selalu menjadi makanan tradisional yang paling populer di ajang pameran ini.

Para pedagang kerak telor ini bisa ditemui di area open space maupun di area Kampung Betawi. Meski teksturnya mirip telur dadar, tetapi cita rasanya unik dan berbeda.

Perpaduan telur, ketan, ebi, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir membuat rasanya gurih dan enak. Terlebih, aroma wangi dari bakaran serta kelapa parut sangrainya memang selalu berhasil menarik pengunjung untuk datang dan mencicipi.

Kerak telor ini lebih enak jika memakai telur bebek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tauge Goreng

2. Tauge Goreng

Tauge goreng adalah kuliner khas Bogor yang kehadirannya mulai jarang ditemukan. Namun di PRJ, kuliner khas yang satu ini selalu laris diburu pengunjung.

Terbukti tak sedikit antrian pengunjung yang ingin mencicipi makanan berbahan saus oncom ini. Jangan tertipu dengan namanya, tauge di sini justru direbus bukan digoreng.

Perpaduan tekstur tauge yang renyah, tahu yang gurih, mi kuning dan ketupat bertambah nikmat dengan siraman kuah tauco yang kental. Rasa yang dominan asin, gurih, dan manis terasa pas di lidah.

Apalagi ditambah kerupuk kuning dan sambal, sungguh nikmat.

3. American Donat

Salah satu kuliner di PRJ yang tidak pernah sepi pengunjung selanjutnya adalah donat. Sejak Jakarta Fair masih digelar di area Monumen Nasional, stan American Donat sudah ada.

Pionir kue donat di Indonesia ini memiliki rasa yang klasik dan khas. Tak heran jika banyak pengunjung menyempatkan diri untuk membeli donat asal Amerika ini.

Ada empat varian yang menjadi andalan dari American Donat yaitu cake donat, muffin, waffle stick, dan brownies donat. Selain itu, tiga varian rasa yang ditawarkan mulai dari coklat, keju, dan gula.

4. Sate Padang Ajo Laweh

Jajanan wajib selanjutnya adalah Sate Padang Ajo Laweh. Makanan khas Minang yang satu ini kaya akan bumbu rempahnya.

Aroma pedasnya juga kuat, daging dan jeroan sapi dibumbui dengan merica, ketumbar, dan aneka rempah lainnya. Tekstur dagingnya lembut, lalu disiram saus kacangnya yang bikin tambah nikmat serta taburan bawang goreng di atasnya. Bumbunya melimpah. Rasanya khas dan lamak bana.

5. Es Potong Espessia

Kuliner PRJ yang harus dicicipi selanjutnya adalah Es Potong Espessia. jajanan ini termasuk kuliner murah meriah yang patut dicoba di PRJ 2023.

Es krim yang lembut cocok dan manis dipadukan dengan roti tawar. Cocok menjadi kudapan untuk mendinginkan badan setelah berdesakan di PRJ.

Sepotong kuliner wajib PRJ ini dibanderol mulai dari Rp10.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.