Sukses

5 Fakta Kepindahan Ilkay Gundogan dari Manchester City ke Barcelona

Ilkay Gundogan menjadi penandatanganan pertama klub Barcelona musim panas ini.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona telah mengonfirmasi penandatanganan gelandang Ilkay Gundogan dari Manchester City dengan status free agent. Pemain Timnas Jerman itu setuju bergabung dengan Barca dengan kontrak dua tahun dengan opsi untuk tahun ketiga.

Selain itu, klausul pembebasannya telah ditetapkan sebesar €400 juta.

Berdasarkan Sumber ESPN pekan lalu, Manchester City tidak mau menyamai tawaran keuangan Barca dan hanya akan memperpanjang kontrak Gundogan selama satu tahun dengan opsi untuk yang kedua.

"Hari ini pahit. Selamat tinggal tidak pernah mudah, tetapi bahkan lebih sulit dengan tim ini," tulis Gundogan di Players Tribune.

"Ketika saya harus menyampaikan berita kepada anak-anak (Manchester City) bahwa saya akan pergi dalam obrolan grup kami, saya sangat emosional. Saya akan merindukan mereka semua, jujur. Tapi saya senang mengatakan bahwa saya akan pergi dari sini sebagai juara, dan saya tidak memiliki apa-apa selain cinta untuk klub di hati saya. Berapa banyak pesepakbola yang bisa mengucapkan selamat tinggal sebagai kapten tim treble?

"Sungguh menakjubkan apa yang kami capai. Lima gelar Premier League dalam tujuh tahun saya di sini. Dua Piala FA. Liga Champions. Tiga kali lipat. Tapi itu hanya piala. Hal yang paling saya ingat adalah perasaan di dalam skuad, terutama musim ini. Saya belum pernah mengalami hal seperti itu di sepakbola."

Berikut adalah fakta-fakta transfer Ilkay Gundogan ke Barcelona:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rekrutan Pertama Barca Musim Ini

Pemain internasional Jerman menjadi penandatanganan pertama klub Catalan musim panas ini. Meskipun ESPN sebelumnya telah mengungkapkan ada juga kesepakatan untuk menandatangani bek Inigo Martinez ketika kontraknya dengan Athletic Bilbao berakhir pada akhir Juni.

Gundogan bergabung dengan Barca yang memenangkan gelar liga pertama mereka sejak 2019 musim lalu. Kedatangan Gundogan diharapkan untuk menambah kedalaman dan gol ke lini tengah setelah mereka kehilangan Lionel Messi, yang memilih untuk bergabung dengan Inter Miami CF.

3 dari 6 halaman

Lengkapi Gelandang

Pelatih Barca Xavi Hernandez sangat ingin memperkuat timnya di sepertiga akhir setelah menilai tingkat kinerja telah menurun ketika mereka tanpa Pedri musim lalu.

Selain Pedri, Gundogan akan melengkapi gelandang yang juga termasuk Frenkie de Jong, Gavi, Franck Kessie dan Sergi Roberto.

4 dari 6 halaman

7 Tahun di City

Gundogan bersama City selama tujuh tahun telah menjadi kapten tim Inggris itu untuk treble bersejarah, yang berpuncak pada trofi Liga Champions pertama mereka awal bulan ini.

Dia mencetak 11 gol dalam 51 penampilan musim ini, termasuk dua gol di final Piala FA melawan Manchester United. Dia meninggalkan City setelah memenangkan lima gelar Liga Premier dan total 14 trofi.

5 dari 6 halaman

Reuni dengan Lewandowski

Sebelum bergabung dengan City pada 2016, Gundogan menghabiskan waktu di Borussia Dortmund, di mana ia bermain bersama striker Barca Robert Lewandowski, FC Nurnberg dan VfL Bochum.

"Jika saya akan pindah, hanya ada satu klub di dunia yang masuk akal. Itu Barcelona atau tidak sama sekali," kata Gundogan.

"Sejak saya masih kecil, saya bermimpi mengenakan baju itu suatu hari nanti. Saya yakin bahwa saya memiliki beberapa tahun lagi tersisa di level tertinggi, dan saya hanya ingin membantu membawa Barcelona kembali ke tempat yang seharusnya.

"Ini akan menjadi reuni dengan teman lama saya Lewa, dan saya bersemangat untuk bermain di bawah manajer lain yang telah saya kagumi sejak lama. Ketika Xavi dan saya berbicara tentang proyek ini, itu tampak sangat alami. Saya melihat begitu banyak kesamaan di antara kami sebagai karakter dan dalam cara kami melihat permainan."

6 dari 6 halaman

Kontrak hingga 2025

Secara hitam di atas putih, kontrak Gundogan akan berakhir pada 30 Juni 2025 dengan Barcelona. Meski begitu, Gundogan bisa aktifkan perpanjangan kontrak setahun lagi.

Untuk detail kontrak lebih lanjut, Barcelona dalam situs resminya akan mengumumkan pada artikel berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini